Sukses

Cerita Belatung Hidup di Telinga Pria India

Belatung tak hanya bisa hidup di telinga. Tapi juga di rongga hidung. Pernah terpikir? Bahkan bisa berakibat fatal jika tidak diobati.

Liputan6.com, New Delhi - Belatung tak hanya bisa hidup di telinga. Tapi juga di rongga hidung. Pernah terpikir?

Dalam video prosedur endoskopik yang beredar di YouTube, terlihat beberapa belatung hidup tinggal di rongga hidung seorang pria India. Ketika proses evakuasi larva itu dilakukan.

"Pasien dalam kasus ini adalah seorang pria (55), memiliki 50 belatung yang dikeluarkan dari sinus dengan prosedur selama 2 jam. Ia akan segera pulih setelah sembuh dari infeksinya," demikian diberitakan Daily Mail.

Rekaman empat menit buatan Dr. Meenesh Juvekar, konsultan THT di Rumah Sakit Bombay, Mumbai, India ini, benar-benar mengabadikan jalannya proses evakuasi ulat yang menggeliat di rongga hidung. Masalah ini biasa dikenal dengan sebutan myiasis, infeksi parasit lalat larva.

"Umumnya terjadi di daerah beriklim tropis dan subtropis. Lalat bertelur di luka dan tidak diobati atau dalam keadaan terbuka ketika telur menetas, lalu belatung mulai memakan jaringan tubuh di sekitarnya," demikian dikutip dari Huffington Post. (Sha/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.