Sukses

Dilelang Rp 728 Juta, Lukisan Cat Air Karya Hitler

Rumah lelang Weidler mengatakan lukisan cat air karya Adolf Hitler ini dibuat pada 1914.

Liputan6.com, Berlin - Rumah lelang Weidler di Kota Nuremberg, Jerman, menjual sebuah karya lukis yang disebutkan buatan Adolf Hitler. Mereka berharap bisa meraup uang setidaknya US$60.000 atau sekitar Rp 728 juta dari lelang karya seni dari 100 tahun silam itu.

Lelang lukisan Hitler akan dilangsungkan pada akhir pekan.

Lukisan cat air kusam dengan objek gedung lama Dewan Kota Muenchen tersebut diperkirakan dibuat pada 1914. Ketika itu Hitler hidup pas-pasan sebagai seniman atau dua dekade sebelum menjadi diktator NAZI.

"Kami menerima banyak pertanyaan dari seluruh dunia tentang lukisan Hitler tersebut," ungkap Direktur rumah lelang Weidler, Kathrin Weidler, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (22/11/2014).

Rumah lelang ini menghadapi kecaman, karena menjual karya seni Hilter tersebut.

Namun mereka mengatakan bila publik keberatan, mestinya keberatan ini ditujukan langsung kepada penjual lukisan." Dua perempuan lanjut usia yang tidak diungkap jati dirinya," jelas jubir rumah lelang itu.

Dua perempuan bersaudara ini mengatakan lukisan yang mereka jual ke salah satu rumah lelang di Jerman itu, dibeli oleh sang kakek pada 1916.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini