Sukses

Lagi, Ratusan Penumpang Kapal Pesiar Kena Flu Perut

Wabah Norovirus yang mnyebabkan flu perut terbaru melanda kapal Princess Cruise - Crown Princess.

Liputan6.com, Jakarta - Wabah Norovirus terbaru yang menyebabkan flu perut melanda kapal Princess Cruise - Crown Princess. Tak sedikit dari para penumpang yang terinfeksi dan mengeluhkan sakit pada perncernaan hingga muntah-muntah.

Norovirus adalah virus yang menyerang alat pencernaan, menyebabkan infeksi dan mengakibatkan penderita muntah.

"Menginfeksi 172 orang di kapal pesiar," demikian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit setempat seperti dimuat CNN, Senin (17/11/2014).

Setidaknya 158 dari 3.009 penumpang dan 14 dari 1.160 awak turun kapal di pelabuhan Los Angeles, Minggu 16 November, dalam kondisi terinfeksi virus setelah berlayar 28 hari.

Kapal yang diuji oleh Centers for Disease Control (CDC) positif tersebar wabah norovirus itu, berlayar dari Los Angeles ke Hawaii dan Tahiti.
 
"Selama beberapa hari terakhir di kapal, mulai terlihat peningkatan jumlah penyakit gastrointestinal, yang disebabkan oleh norovirus (biasanya disebut sebagai flu perut)," kata juru bicara Princess Cruises, Susan Lomax, melalui e-mail.

"Sebagai tanggapan, kami telah memberlakukan protokol desinfektan ketat yang dikembangkan bersama Centers for Disease Control (CDC) AS. Meliputi pembersihan kapal dan terminal di Los Angeles pada Minggu 16 November, sebelum kapal melanjutkan perjalanan," papar Lomax.

Melalui sebuah pernyataan, CDC juga telah mengkonfirmasi bahwa kapal telah menerapkan prosedur sanitasi CDC untuk memperlambat penyebaran penyakit itu. Semua penumpang yang menggunakan jalur pelayaran itu juga diumumkan adanya wabah tersebut.

Tak hanya itu, mereka juga diimbau untuk menjaga kebersihan tangan. Agar tak terinfeksi norovirus itu.

Menurut CDC, setidaknya 122 dari 3.161 penumpang dan 30 dari 1.176 awak kapal yang berlayar pada April juga dilaporkan sakit serupa. Agen federal menyalahkan norovirus dan E. Coli atas terjadinya wabah itu.

Norovirus yang menular ini menyebabkan mual, muntah dan diare. Virus ini diyakini menginfeksi sejumlah penumpang di kapal pesiar tahun ini.

"Karena saat ini musim dingin dan flu, ketika flu perut berjangkit di darat, kami mendorong semua tamu untuk rajin mengikuti imbauan untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan air serta menggunakan pembersih tangan," kata Lomax.

Sebelumnya pada Februari, 114 penumpang dan 10 awak sakit di kapal pesiar Holland America MS Veendam yang berlayar selama seminggu.

Pada Januari, lebih dari 600 orang di kapal pesiar berlayar di Karibia juga terinfeksi virus itu.

Norovirus menginfeksi banyak orang di darat, namun para pejabat kesehatan yang menyelidiki di kapal pesiar mengungkapkan penyebaran di kapal lebih sering terjadi. Sebab virus tersebut dapat menyebar lebih mudah di tempat tertutup. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini