Sukses

Intip Pesawat Tunggangan Jokowi dan Pemimpin Dunia di KTT G-20

Satu-persatu burung besi yang membawa orang nomor satu dan rombongan dari negara anggota peserta acara tersebut pun mendarat. Ini dia.

Liputan6.com, Brisbane - Para pemimpin dunia anggota Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 mulai berdatangan ke Brisbane, Australia. Untuk menghadiri acara yang digelar pada 15-16 November di Brisbane Convention and Exhibition Centre.

Satu-persatu burung besi yang membawa orang nomor satu dan rombongan dari negara anggota peserta acara tersebut pun mendarat di Bandara Brisbane.

Yuk, intip seperti apa tunggangan mereka, seperti dikutip dari News.com.au, Jumat (14/11/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesawat AS, Jepang dan India dan Meksiko

Pesawat Presiden Barack Obama yang didesain khusus ini adalah seri Boeing 747. Burung besi jenis ini dianggap sebagai yang paling canggih di langit.  

 

Ini adalah Air Force One Boeing 747-400 versi Jepang. Digunakan untuk membawa Kaisar dan Perdana Menteri, Shinzo Abe. Pesawat beroperasi dengan nama Cygnus One and Cygnus Two.

 

India juga mengoperasikan Boeing 747-400 untuk membawa Perdana Menteri Norendra Modi dalam tugas internasional.

 

Jet Boeing 757 Presiden Meksiko ini membawa Enrique Pena ke Brisbane, dilengkapi dengan sayap khusus untuk efisiensi bahan bakar yang lebih besar. Ini adalah varian populer di Amerika Serikat, tetapi tidak dioperasikan oleh maskapai penerbangan Australia.

3 dari 4 halaman

Pesawat Korea Selatan, Prancis, Arab Saudi

Pesawat tumpangan Presiden Korea Selatan ini juga dari jenis Boeing 747.

 


Tidak ingin terlihat terbang menggunakan jet buatan Amerika, Presiden Perancis Francois Hollande tiba di Brisbane dalam pesawat angkatan udara Perancis Airbus A340.

 

Tumpangan Pangeran Arab Saudi Salman bin Abdulaziz juga ternyata Boeing 747.

4 dari 4 halaman

Pesawat Rusia, Afrika Selatan, Indonesia

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma tiba di Brisbane kapal Boeing 727. Jenis ini pertama kali mengudara pada 1964 dan yang terakhir keluar pada tahun 1984. Itu adalah andalan maskapai penerbangan di seluruh dunia pada 1970-an dan 1980-an, termasuk di Australia.

 

Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan pesawat buatan Rusia Ilyushin Il-76. Jenis burung besi ini digunakan oleh banyak negara sebagai pengangkut alat berat.

Presiden Indonesia Joko Widodo tiba untuk G20 kapal 737, pesawat yang sama dengan yang digunakan oleh Perdana Menteri Australia.

Ini pesawat Australia, jenisnya sama dengan yang digunakan Presiden Jokowi.

Squadron 34 Royal Australian Air Force mengoperasikan armada VIP yang terdiri dari 737 pesawat Boeing Business Jet (BBJ) dan tiga Challenger 604 untuk digunakan para pejabat Australia: khususnya Perdana Menteri, Deputi Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri, dan pemimpin partai politik. Pesawat ini digunakan dalam perjalanan lintas negara maupun domestik. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini