Sukses

Horor Lava Gunung Kilauea Hawaii Hancurkan Rumah Warga

Setelah beberapa bulan, isi perut gunung berapi itu akirnya menghancurkan salah satu rumah penduduk.

Liputan6.com, Pahoa - Aliran lava dari Gunung Kilauea, merayap menuju Kota Hawaii. Setelah beberapa bulan, isi perut gunung berapi itu akirnya menghancurkan salah satu rumah penduduk.

"Rumah itu terbakar lava sebelum tengah hari pada hari Senin 10 November," kata Direktur Hawaii County Pertahanan Sipil Darryl Oliveira seperti dikutip dari CNN, Selasa (11/11/2014).

Oliveira menurutkan, penyewa rumah itu sudah meninggalkan bagunan di Pahoa, Big Island, Hawaii itu. Diperkirakan bangunan itu hangus terbakar dalam 30 sampai 40 menit.

"Tidak ada korban luka akibat aliran lava, yang mulai mengalir dari Kilauea Volcano pada akhir Juni," ujar Pejabat Pertahanan Sipil Hawaiilain dikutip dari Reuters.

Pejabat itu juga mengatakan tidak ada struktur perumahan lainnya yang terancam dilewati aliran lava, yang berhenti 145 meter dari Pahoa Village Road, jalan utama kota.



Lava dari gunung berapi Kilauea memasuki kota dua minggu yang lalu, dan telah menghanguskan sebuah pemakaman serta dua gudang.

Banyak warga telah dievakuasi, sementara yang lainnya tengah bersiap-siap meninggalkan lokasi itu.

Para pejabat mengatakan akan membantu para pemilik rumah untuk memotret rumah yang terbakar untuk keperluan klaim asuransi.

Pahoa adalah sebuah kota di Hawaii yang didiami sekitar 800 orang. Berdiri di lokasi bekas perkebunan tebu di tepi timur dari Big Island. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini