Sukses

Mobil Tua 'Presiden Termiskin di Dunia' Ditawar Rp 12 Miliar

Tak sangka, mobil antik jenis Volkswagen (VW) Beetle milik Presiden Uruguay Jose Mujica dilirik saudagar kaya dari negeri Timur Tengah.

Liputan6.com, Montevideo - Tak sangka, mobil antik jenis Volkswagen (VW) Beetle milik Presiden Uruguay Jose Mujica dilirik saudagar kaya dari negeri Timur Tengah. Mobil tua itu bahkan ditawar oleh seseorang seharga US$ 1 juta atau sekitar Rp 12 miliar.

"Tawaran itu datang dari seorang syekh Arab," ujar Jose Mujica yang pernah dijuluki presiden termiskin di dunia karena gaya hidup yang sederhana kepada Majalah Busqueda seperti dikutip dari BBC , Jumat (7/10/2014).

"Jika aku menerima tawaran itu, uangnya akan digunakan untuk membantu orang miskin," tambah Mujica.

Busqueda melaporkan, tawaran untuk mobil antik Mujica mengemuka saat pertemuan puncak internasional awal tahun ini di Santa Cruz, Bolivia. "Mereka menyampaikan tawarannya ketika itu," ucap presiden berusia 79 tahun tersebut.

"Saya sedikit terkejut, dan pada awalnya saya benar-benar tidak menggubrisnya. Tapi kemudian, tawaran lain datang, dan kali ini aku mulai memikirkannya," tambah Mujica.

Presiden Mujica mengaku ia tak terlalu mencintai mobil antiknya itu. Ia bahkan akan dengan senang hati melelangnya.

"Tapi sejauh ini aku tak berniat menjualnya, karena masih membutuhkannya untuk anjingku, Manuela -- yang hanya memiliki tiga kaki," canda Mujica sebagai alasannya mempertahankan kendaraan tuanya.

Mujica mengungkapkan, jika nanti mobil antiknya terjual, maka uang US$ 1 juta itu akan disumbangkannya ke sebuah program yang mendukung penyediaan perumahan bagi para tunawisma.

Presiden Mujica -- dikenal sebagai Pepe -- hidup di sebuah peternakan kecil dan memberikan sebagian besar gajinya untuk perbaikan hidup rakyatnya. Ia lebih senang tinggal di tempat itu ketimbang di Istana Kepresidenan.

Orang mungkin heran dengan cara hidupnya, tapi bagi Mujica, ini adalah pilihan. Penghasilan yang ia ambil hanya US$775 atau Rp 9,45 juta, setara dengan penghasilan rata-rata rakyatnya. Harta pribadi yang ia laporkan US$1.800 atau Rp 21 juta, senilai satu-satunya mobil yang dimiliki, Volkswagen Beetle keluaran 1987. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini