Sukses

Kim Jong-un Akhirnya Muncul Tanpa Tongkat

Kim Jong-un sebelumnya sempat 'menghilang' dari muka publik selama 6 pekan dari awal September hingga pertengahan Oktober 2014.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akhirnya muncul ke publik tanpa menggunakan tongkat. Sebelumnya ia 'menghilang' karena dikabarkan sakit.

Dalam foto terbaru yang muncul di surat kabar Rodong Sinmun, Rabu (5/11/2014), Kim Jong-un terlihat berjalan tanpa menggunakan tongkat dalam sebuah pertemuan militer. Pemimpin muda berusia 31 tahun itu tampak bertemu dengan para komandan militer.

Kantor berita Korea Utara, KCNA melaporkan Kim Jong-un menghadiri pertemuan itu pada hari Senin 3 November dan Selasa 4 November lalu dengan acara foto bersama para peserta. Dia didampingi oleh orang kepercayaannya, Hwang Pyong-so, dan beberapa perwira tinggi militer lain.

Kim, yang dalam foto sebelumnya tampil menggunakan tongkat, tidak hadir dalam peristiwa politik penting di negara itu seperti ulang tahun partai, namun Korea Selatan yakin dia masih tetap memegang kekuasaan sepenuhnya.

Kim Jong-un sebelumnya sempat 'menghilang' dari muka publik selama 6 pekan dari awal September hingga pertengahan Oktober 2014. Ketika itu, muncul kabar liar. Ada yang menyebut sang pemimpin muda dikudeta. Ada juga yang bilang ia sakit. Berita itu sempat ramai diperbincangkan.

Menurut informasi yang diperoleh Badan Intelijen Korea Selatan (NIS) dari anggota dewan partai opisisi Shin Kyung-min bernama Park Byeong-seok, Kim Jong-un saat itu tengah menjalani operasi kista atau tumor jinak di pergelangan kaki kanannya.

"Kista bisa kembali menimpa Kim karena badannya yang kegemukan, suka merokok dan jadwal yang padat," demikian laporan tersebut.

Disebutkan bahwa Kim Jong-un tak tampak di muka umum sejak 3 September 2014. Kemudian muncul dengan kondisi berjalan terpincang-pincang dan tampak sedikit lebih kurus pada 14 Oktober. Saat muncul setelah menghilang, Kim murah senyum.

Seorang sumber yang mengaku dekat dengan lingkaran pemerintahan Korut, menyebut Kim Jong-un mengalami cedera pada kakinya saat melakukan inspeksi latihan militer. Sumber itu juga menepis kabar bahwa pemimpin belia itu dikudeta.

"Dia meminta semua jenderal berpartisipasi dalam latihan itu bersama dia. Mereka merayap, berlari dan berguling. Lalu urat tendonnya tertarik," ujar sumber yang tak mau disebut namanya kepada Reuters. "Kim Jong Un masih memegang penuh kendali pemerintahan," imbuh dia. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini