Sukses

Obama Akan Temui Aung San Suu Kyi

Rencana pertemuan dengan Aung San Suu Kyi termasuk rangkaian lawatan Obama selama 6 hari, termasuk kunjungan di China dan Australia.

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan bertemu dengan pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi di Yangon, 14 November mendatang. Rencana pertemuan ini termasuk rangkaian lawatan luar negeri Obama selama 6 hari, termasuk kunjungan di China dan Australia.

"Sebelumnya pada 12-14 November berada di Myanmar, Obama akan berpartisipasi dalam KTT AS-ASEAN di Nay Pi Taw, di mana pertemuan bilateral dengan Presiden Myanmar Thein Sein juga direncanakan," demikian pernyataan pihak Gedung Putih di Washington DC, AS, Selasa (4/11/2014) waktu setempat.

Partai Liga Nasional untuk Demokrasi Suu Kyi disukai dalam pemilu legislatif mendatang pada akhir 2015. Namun konstitusi Myanmar saat ini melarang Suu Kyi mencalonkan diri sebagai presiden.

Bulan silam, parlemen Myanmar setuju mempertimbangkan perubahan konstitusi untuk memungkinkan pencalonannya. Pada pekan lalu, Obama kemudian menyeru kepada Presiden Myanmar Thein Sein untuk menggarisbawahi perlunya proses inklusif dan kredibel untuk melakukan Pemilu 2015.

Pemerintah Myanmar telah berjanji pemungutan suara tahun depan akan menjadi yang paling bebas dalam sejarah modern negara itu setelah militer menyerahkan kekuasaan langsung kepada pemerintah semi-sipil tiga tahun lalu.

Thein Sein telah mengejutkan masyarakat internasional dalam beberapa tahun terakhir dengan sejumlah reformasi dramatis yang telah melihat sanksi internasional dihapus di negara secara terbuka di seluruh dunia.

Namun negara yang dulunya bernama Burma ini masih menghadapi segudang tantangan -- termasuk sistem hukum yang buram, infrastruktur dan tingkat kemiskinan yang signifikan -- yang perlu ditangani oleh pemerintah baru setelah pemilu tahun depan.

Dalam lawatan ke Asia, Obama juga akan singgah di China dari 10-12 November mendatang. Di Negeri Tirai Bambu, Obama akan berpartisipasi dalam forum Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dan melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Xi Jinping.

Dari 15-16 November 2014, Obama akan menuju ke Australia untuk menghadiri KTT Pemimpin G20 dan menyampaikan pidato tentang kepemimpinan AS di Asia-Pasifik. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.