Sukses

Ketua MPR: Arab Saudi Bukan Sarang Terorisme

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan, dugaan bahwa Arab Saudi merupakan pusat terorisme sama sekali tidak benar.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan, dugaan bahwa Arab Saudi merupakan pusat terorisme sama sekali tidak benar. Beberapa negara Islam lain malah menjadi pihak yang aktif memerangi terorisme.

"Adalah fitnah kalau Kerajaan Arab Saudi dibilang sarang terorisme. Itu tidak benar," sebut Zulkifli di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Keterangan tersebut disampaikannya di sela-sela seminar nilai moderat ajaran Alquran dan hadis serta penerapan di masa moderen di Arab Saudi dan Indonesia.

Dalam kesemapatan yang sama, Imam Besar Masjidil Haram dan Nabawi, Sheik Abdul Rahman Alsudais juga menyatakan kalau Islam adalah agama yang sangat menghargai kepercayaan lain. Bahkan secara tegas dia mengatakan bahwa Islam turut menghargai Yahudi.

"Rasulullah Muhammad SAW memperlakukan semua masyarakat yang sama. Contohnya saat itu adalah umat Yahudi yang diperlakukan sama baiknya dengan Muslim," sebut Al Sudais.

Ia pun menyatakan, orang-orang yang tidak mengetahui Islam secara mendalam lah yang menjadi perusak kerukunan antar umat beragama. "Islam sangat menghargai toleransi. Orang yang tidak tahu agama Islam-lah yang tidak bertoleransi," sebut Al Sudais.

Tidak hanya Al Sudais, acara tersebut juga dihadiri Rektor Univeritas Islam Madinah, Abdurrahman bin Abdullah Assanad. Senada dengan Imam besar tersebut, Assanad mengatakan gerakan Islam moderat antikekerasan harus terus didorong ke seluruh dunia dan untuknya, kekerasan tidaklah mencerminkan Islam.

"Banyak yang justru merusak nama Islam dengan fundamentalisme, radikalisme, ekstrimisme dan terorisme. Hal itu harus kita atasi bersama," tutup Abdurrahman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini