Sukses

Dunia Pantau Pelantikan Presiden Jokowi

Acara pelantikan Jokowi tak hanya jadi perhatian rakyat di seantero nusantara, tapi juga dipantau dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pukul 10.00 WIB, rangkaian pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2014-2019 dimulai. Acara penting tersebut tak hanya jadi perhatian rakyat di seantero nusantara, tapi juga dipantau dunia.

Sejumlah media massa internasional sudah ramai memberitakan pelantikan Jokowi, sebelum wong Solo itu mengucap sumoah sebagai pemimpin negara demokrasi terbesar ketiga dunia.

Situs The Wall Street Journal mengunggah artikel berjudul, 'Widodo’s Inauguration as Indonesia’s President Draws Thousands'. Tentang ribuan orang yang akan berkumpul di jalan, untuk merayakan pelantikan Jokowi sebagai Presiden ke-7 RI.

Pelantikan Jokowi dihadiri sejumlah tokoh dunia. Di antaranya Menteri Luar Negeri AS John Kerry, PM Singapura, Lee Hsien Loong, dan PM Australia Tony Abbott.

PM Abbott mengatakan, kehadirannya merefleksikan arti penting Indonesia untuk Negeri Kanguru.

"Inagurasi tersebut adalah peristiwa penting bagi Indonesia, juga Australia karena RI adalah tetangga yang sangat penting," kata Abbott dalam pernyataannya seperti dimuat Xinhua, Senin (20/10/2014).

"Lebih dari 1 juta warga Australia mengunjungi Indonesia, termasuk Bali, tiap tahunnya. Dan lebih dari 17 ribu pelajar Indonesia datang ke sini."

Menyambut pelantikan Jokowi, situs Radio Australia, Senin 20 Oktober 2014 menayangkan artikel berjudul, 'Joko Widodo 'man of the people' to become Indonesia's president'.

"Sosok merakyat, bukan bagian dari elite, Joko Widodo akan menjadi Presiden Indonesia. Dan tekanan baru akan dimulai."

Greg Fealy dari  Australian National University berharap Presiden RI yang baru akan mengeluarkan kebijakan luar negeri yang realistis dan pragmatis. "Salah satu yang membuatnya tak biasa di Indonesia adalah ia punya reputasi sebagai politisi yang bersih dan reformis," kata Fealy kepada ABC.

Sementara, situs Voice of America (VOA)  mengangkat artikel berjudul, 'Political 'Outsider' Set to Take Helm in Indonesia'. Bahwa Jokowi adalah presiden RI terpilih pertama yang tak punya latar belakang elite politik atau militer.

Presiden AS Barack Obama mengirimkan Menlu John Kerry untuk menghadiri pelantikan tersebut.

Sementara situs Malaysia The Star, mengabarkan sang Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak juga menghadiri pelantikan tersebut.

Tak hanya di dalam negeri, Channel News Asia, saluran televisi terkemuka di Asia Pasifik juga menyiarkan secara langsung prosesi pelantikan Jokowi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini