Sukses

Dari Musuh jadi Kawan, Taliban Pakistan Dukung ISIS

Tak terdapat banyak bukti yang menunjukkan kesepakatan antara ISIS dan Taliban Pakistan. Namun ada pamflet berisi pujian untuk ISIS.

Liputan6.com, Peshawar - Dari musuh menjadi kawan, seperti itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Taliban di Pakistan. Sebab kelompok itu menyatakan mendukung Negara Islam Irak-Suriah (ISIS) yang sekarang berganti nama menjadi Negara Islam (IS).

Sebagai bentuk dukungan itu, kelompok militan Taliban bahkan memerintahkan pengikutnya di seluruh Pakistan agar membantu kampanye ISIS mendirikan kekalifahan Islam.

Pernyataan pemimpin Taliban Pakistan Maulana Fazlullah terkait hal itu beredar pada Sabtu 4 Oktober 2014, dikirim oleh juru bicaranya.

"Kami bangga atas penaklukan Anda (ISIS) terhadap para musuh. Kami menyertai Anda di masa suka dan duka," kata Maulana dalam sebuah pernyataan.

"Pada hari-hari yang sulit ini, kami meminta Anda untuk bersabar dan tetap bersatu karena musuh Anda sekarang bersatu melawan Anda. Mari kita lupakan persaingan," sambung pernyataaan yang dikutip dari BBC, Senin (8/10/2014).

Wartawan BBC Shaimaa Khalil di Islamabad mengatakan, tidak terdapat banyak bukti yang menunjukkan kesepakatan antara ISIS dan Taliban Pakistan. Namun belum lama ini, pendukung ISIS terlihat menyebarkan pamflet di Peshawar, Pakistan, yang memuji kelompok ekstremis tersebut.

Sementara itu, Shahidullah Shahidm seorang juru bicara Tehreek e-Taliban (TTP), sekutu al-Qaeda, juga menegaskan kesetiaan kelompok itu pada Mullah Omar (pemimpin Taliban).

"Tidak diragukan ia adalah pemimpin kami," ujar Shahidullah dalam sebuah pernyataan yang dirilis sejumlah media di Pakistan, termasuk VOA.

Pernyataan lebih rinci mengenai dukungan Taliban terhadap ISIS akan dikeluarkan kemudian.

Sebelumnya, kantor berita Reuters pada Sabtu 4 Oktober 2014, melaporkan telah menerima sebuah pesan dari Shahidullah Shahid berisi desakan semua organisasi jihad yang berjuang di Timur Tengah agar bersatu demi kepentingan yang lebih besar.

Mantan Letjen Pakistan dan analis pertahanan Talat Massood menuturkan, pengumuman itu ditujukan untuk meningkatkan tekanan atas pemerintah Pakistan.

Militer Pakistan sedang melancarkan operasi terhadap TTP dan kelompok-kelompok afiliasinya di kawasan Waziristan Utara. Analis pertahanan lainnya mengatakan, operasi yang sedang dilakukan harus berhasil menghentikan Taliban di Pakistan yang tengah memperluas jaringan teror mereka. Apalagi dengan adanya berita yang menyebutkan mereka bergabung dengan ISIS, semakin mengkhawatirkan. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.