Sukses

Badai Odile Hantam Meksiko, 30 Ribu Turis Diungsikan

Badai disertai hujan lebat itu juga menumbangkan sejumlah pepohonan, tiang listrik, serta meluluhlantahkan kawasan permukiman warga.

Liputan6.com, Los Cabos - Badai Odile yang bergerak dari timur Samudra Pasifik menghantam kawasan wisata Los Cabos, Meksiko. Badai disertai hujan lebat itu juga menumbangkan sejumlah pepohonan dan tiang listrik. Bada juga meluluhlantahkan kawasan permukiman warga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (16/9/2014), sekitar 30 ribu turis domestik maupun mancanegara terpaksa diungsikan ke lokasi yang lebih aman.

Sementara di Pulau Hainan, Tiongkok, angin topan dengan kecepatan sekitar 137 sampai 144 kilometer per jam menghantam sebelah selatan pulau tersebut. Akibatnya, sebanyak 69 rute penerbangan terpaksa ditunda. Sekitar 90 ribu warga pun dievakuasi.

Di kawasan Balkan, Eropa bagian tenggara, banjir disertai lumpur menimpa Kota Tekija, Serbia. Sejumlah alat berat diturunkan untuk membersihkan kota dari lumpur tersebut.

Banjir lumpur ini juga menghanyutkan sejumlah mobil, menumbangkan pepohonan, serta memutus aliran listrik dan telepon. Bahkan, sebuah jembatan dekat Kota Kladovo ambruk akibat terjangan banjir.

Sementara itu, banjir bandang yang telah merendam wilayah Srinagar, India sejak 2 pekan lalu secara perlahan mulai surut. Kini warga mulai dihadapkan pada mewabahnya penyakit pasca-banjir.

Sejumlah warga mulai terkena penyakit diare, alergi kulit, dan jamur. Tim evakuasi terus berupaya mendistribusikan bantuan berupa obat-obatan, pompa air, dan sistem pemurni air. Sejauh ini sekitar 480 warga tewas dalam musibah banjir yang terjadi di India dan Pakistan.

Baca juga:

Miris, Makam Penuh Mumi Dibongkar Gara-gara Duit

Jilatan Badai Matahari ke Bumi Membentuk Fenomena Aurora

Kapal Pengantin Diterjang Luapan Banjir Pakistan, 17 Tewas

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini