Sukses

Pertama Kalinya, Paus Fransiskus Kunjungi Negara Muslim

Selain ke Turki, Paus yang dikenal sederhana dan bersahaja ini dijadwalkan akan mengunjungi Albania

Liputan6.com, Vatican City - Paus Fransiskus dijadwalkan akan mengunjungi Turki, negara Muslim yang pertama kali ia kunjungi sejak terpilih sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik.

Paus dengan nama asli Jorge Mario Bergoglio itu berencana menyambangi Kota Istanbul, Turki, pada akhir November 2014 mendatang. Namun kepastian tanggal dan program lawatannya belum ditentukan.

"Ketetapan tanggal dan program untuk perjalanan itu, yang akan berlangsung beberapa hari, masih belum dipastikan," ujar juru bicara Vatikan, Pastur Federico Lombardi, seperti dimuat Reuters, Sabtu (13/9/2014).

Namun demikian, Franciskus direncanakan akan berada di Istanbul pada 30 November, hari raya St Andrew, atas undangan Patriark Ekumenis Bartholomew I, pemimpin spiritual Kristen Ortodoks dunia.

Vatikan menjelaskan, perjalanan tersebut dilakukan setelah Paus menerima undangan terpisah dari pemerintah Turki.

Paus sebelumnya, Paus Benediktus XVI melakukan perjalanan ke Istanbul pada tahun 2006 dan berdoa dengan seorang ulama Muslim di Masjid Biru Istanbul, Turki yang terkenal tersebut.

Fransiskus, paus non-Eropa pertama dalam 1.300 tahun, telah melakukan tiga perjalanan ke luar negeri sejak ia terpilih pada Maret 2013.

Selain ke Turki, Paus yang dikenal sederhana dan bersahaja ini dijadwalkan akan mengunjungi Albania pekan depan dan pada 25 November. Dia juga akan berpidato di Parlemen Eropa di Strasbourg, Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.