Sukses

Banjir di Nepal dan India, 160 Warga Tewas

Akses jalan terputus. Satu-satunya cara untuk mengirimkan bantuan adalah melalui jalur udara.

Liputan6.com, New Delhi - Hujan deras dan tanah longsor yang terjadi di Nepal dan wilayah utara India selama 2 hari terakhir telah mengakibatkan banjir besar. Sebanyak total 160 warga dilaporkan tewas.

Di Nepal, pemerintah setempat menyebutkan sedikitnya 101 orang dilaporkan tewas, 130 orang lainnya menghilang. Sebanyak lebih dari 11.500 rumah terendam air.

Sedangkan di wilayah India, dilaporkan sebanyak 60 warga meninggal. Lebih dari 1.500 desa di wilayah Uttar Pradesh terendam. Ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan mencari pengungsian.

Seperti dilansir Hindustan Times, Senin (18/8/2014), sejumlah sungai meluap. Ketinggian air telah melebihi permukaan. Total ketinggian dari dasar sungai adalah 105,47 meter. Mengakibatkan banjir di permukiman mencapai sekitar 2 meter.

"Bencana banjir ini muncul menyusul hujan deras di Nepal, kemudian menyebabkan sungai di wilayah Himalaya termasuk Tibet dan Nepal," kata pejabat pemerintah Uttar Pradesh, Alok Ranjan kepada Reuters.

Bencana tersebut telah menghancurkan sarana dan prasarana penduduk. Sejumlah jalan raya ditutup akibat longsor. Akses jalan pun terputus. Satu-satunya cara untuk mengirimkan bantuan adalah melalui jalur udara.

Helikopter telah dikerahkan untuk memberikan bantuan kepada penduduk yang tengah mengungsi. Pemerintah Nepal menyuarakan kekhawatiran tentang kemungkinan menjangkitnya wabah kolera.

"Untuk menambah upaya bantuan kemanusiaan yang tengah dilakukan pemerintah. Saya memohon bantuan segera dari semua saudara-saudara, baik yang berada di Nepal maupun di luar," kata Perdana Menteri Sushil Koirala.

Dia menjelaskan, evakuasi dan pemberian bantuan akan dilakukan di daerah bencana. Makanan dan tempat tinggal akan disediakan oleh pengungsi. Kompensasi berupa uang akan diberikan kepada mereka yang kehilangan anggota keluarga. (Imelia Pebreyanti/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Nepal

Video Terkini