Sukses

Hamas Serukan Serangan ke Warga Sipil dengan Penyamaran

Penyamaran dilakukan supaya calon pelaku serangan bisa berbaur dengan penduduk setempat sebelum melakukan serangannya.

Liputan6.com, Jalur Gaza - Selama pertempuran di Jalur Gaza baru-baru ini, Hamas berulangkali menyiarkan suatu video yang mempromosikan serangan-serangan bunuh diri terhadap warga sipil Israel.

Video Hamas itu menunjukkan bagaimana seorang calon pelaku bom bunuh diri itu memasang perlengkapan sabuk bunuh diri dan mengenakan pakaian serta menciptakan penampilan sebagaimana layaknya seorang Yahudi Orthodox.

Siaran itu dilakukan tiga kali, yaitu pada tanggal 9, 27 dan 30 Juli 2014 lalu oleh Al Aqsa TV. Seperti diketahui, Al Aqsa TV merupakan stasiun siaran televisi milik Hamas.

Berdasarkan laporan Israel National News pada 6 Agustus 2014, para calon pelaku bom bunuh diri dan pelaku penculikan acap kali diperintahkan untuk berpakaian seperti seorang Yahudi. Hal itu dilakukan supaya calon pelaku serangan bisa berbaur dengan penduduk setempat sebelum melakukan serangannya.

Suatu contoh terkenal penggunaan strategi ini adalah peristiwa bom bunuh diri di restoran Sbarro's di tahun 2001, di mana teroris Ahlam Tamimi berpakaian selayaknya seorang mahasiswa suatu universitas di Israel.

Dengan demikian, pria itu berhasil membantu pelaku bom, Izz al-Din Shuheil al-Masri, untuk masuk ke restoran itu tanpa ketahuan. Pemboman itu menewaskan 15 orang dan melukai setidaknya 130 orang lainnya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini