Sukses

Identitas Jenderal AS yang Tewas Ditembak Tentara Afghanistan

Jenderal itu merupakan perwira tinggi AS yang terbunuh sejak serangan 11 September 2001 atau 9/11.

Liputan6.com, Washington DC - Seorang perwira tinggi Amerika Serikat tewas ditembak dalam serangan berdarah di akademi militer Afghanistan. Sang jenderal meregang nyawa terkena lesatan senjata api dari seorang yang diyakini tentara Afghanistan.

Seperti dimuat Huffington Post, Rabu (6/8/2014), petinggi militer itu adalah Mayor Jenderal (Mayjen) Harold J Greene. Prajurit itu dikirim ke Afghanistan untuk bertindak sebagai teknisi dalam upaya penarikan tentara AS dari negeri Timur Tengah itu.

Mayjen Greene yang berusia 52 tahun tersebut juga diketahui menjabat sebagai deputi bagi urusan penerimaan markas Angkatan Darat AS di Washington.

Berdasarkan data biografi resminya, Greene berasal dari New York dengan gelar doktor di bidang sains material dari University of Southern California dan tiga gelar master.

"Doa dan duka kami bersama dengan keluarga Mayor Jenderal Harold J Greene dan para keluarga tentara kami yang cedera dalam peristiwa-peristiwa tragis itu," kata Kepala Staf AD Jenderal Ray Odierno.

"Ini bentuk pengorbanan kami sebagai tentara. Tapi prioritas kami adalah pihak keluarga. Kami akan pastikan akan menemani mereka pada masa krisis ini," imbuh dia.

Menurut Odierno, pihaknya tetap berkomitmen pada misi di Afghanistan dan akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra Afghanistan untuk menjamin keselamatan dan keamanan semua tentara koalisi dan warga sipil.

Jenderal itu merupakan perwira tinggi AS yang terbunuh sejak serangan 11 September 2001 atau 9/11 ketika Letnan Jenderal Timothy Joseph Maude tewas dalam sebuah serangan pesawat yang dibajak menabrak gedung Pentagon.

Sebelumnya tak pernah ada jenderal AS gugur dalam medan pertempuran sejak Perang Vietnam yang kala itu mengakibatkan lima jenderal tewas. Pada Perang Irak, tak ada jenderal yang tewas.

Baca juga:

2 Tentara Israel yang Tewas di Jalur Gaza Warga AS

Obama: Kami Dukung Agresi Militer Israel ke Gaza

6 Militan Tewas Dalam Serangan Pesawat Tanpa Awak di Pakistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini