Sukses

Helikopter MI-171 Milik Militer Vietnam Celaka, 16 Tentara Tewas

Kecelakaan diduga karena faktor teknis. "Heli itu terbang rendah, menghantam tanah, dan meledak di saat yang bersamaan."

Liputan6.com, Hanoi - Sebuah helikopter militer Vietnam celaka di dekat ibukota Hanoi. Sebanyak 16 orang tewas, sementara 5 lainnya cedera.

Heli MI-171, yang sedang melakukan misi latihan, jatuh di sebuah desa di Distrik Thach That, Vietnam.

Letnan Jenderal  Vo Van Tuan, wakil kepala staf umum kepada BBC mengatakan, helikopter nahas tersebut celaka akibat kegagalan teknis.  Dia menambahkan, korban jiwa seluruhnya adalah personel militer. Tak ada yang dari sipil.

"Prioritas kami saat ini adalah merawat 5 orang yang terluka, beberapa dari mereka dalam kondisi serius," kata dia, seperti Liputan6.com kutip dari BBC, Senin (7/7/2014).

Sementara itu, saksi mata mengungkapkan, helikopter terlihat mengalami kesulitan sebelum jatuh dan terbakar.

"Heli itu terbang rendah, menghantam tanah, dan meledak di saat yang bersamaan," kata seorang warga.

"Sepertinya pilot ingin banting arah, menghindari pasar dan perumahan. Helikopter mengarah ke lapangan."

Helikopter  MI-171 adalah buatan Rusia. Kebanyakan kendaraan tempur Vietnam yang menua merupakan bikinan negara pecahan Uni Soviet itu.

Sebelumnya, pesawat tempur MIC-21 celaka 4 tahun lalu, untungnya pilot berhasil selamat dengan cara terjun dari parasut.

Kecelakaan lain terjadi pada 2008 menyebabkan 5 penerbang militer tewas saat pesawat mereka celaka di pinggiran Hanoi. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini