Sukses

Kamera Perang Dunia II Ditemukan, Apa Isinya?

Inilah yang dulu disaksikan oleh Louis J. Archambeau dan sekarang kita lihat 70 tahun kemudian.

Liputan6.com, Luxembourg - Penemuan bersejarah membantu kita menangkap suasana suatu peristiwa sejarah ketika sedang terjadi sehingga membantu kita mengerti dan mendalami kejadian tersebut.

Di sisi pegunungan di Luxembourg, seorang Kapten Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), Mark D. Anderson, dan seorang sejarawan, Jean Muller, menemukan sebuah kamera ketika sedang mencari pernak-pernik dari Pertempuran Bulge, suatu pertempuran yang penting dalam Perang Dunia II yang terjadi di tahun 1944.

Seperti yang dilansir Liputan6.com dari San Francisco Globe  Jumat (4/7/2014), dengan bantuan alat deteksi logam, mereka menemukan suatu lubang persembunyian yang digali semasa perang itu. Di dalamnya, mereka menemukan sejumlah benda milik seorang prajurit AS, Louis J. Archambeau.

Archambeau gugur dalam pertempuran tersebut, namun ia meninggalkan sebuah kamera berisi segulung film yang belum diproses.

Anderson dan Muller memproses film itu dan muncullah foto-foto milik tentara yang gugur tersebut.

Inilah yang dulu disaksikan oleh Louis J. Archambeau dan sekarang kita lihat 70 tahun kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.