Sukses

100 Orang Tertimbun di Reruntuhan Gedung India

Ratusan personil kepolisian dan petugas pemadam kebakaran turun tangan untuk membantu proses evakuasi.

Liputan6.com, Chennai - Sekitar 100 orang diduga terjebak di dalam gedung yang runtuh di India Selatan. Sementara 10 orang lainnya dilaporkan tewas. Ada pula yang mengalami cedera.

"Ada sekitar 132 buruh di dalam gedung. Dan 100 orang yang diduga terjebak," ujar tim penyelamat Rekha Rani kepada Reuters, Minggu (29/6/2014).

Dia menjelaskan, gedung berlantai 12 di itu ambruk di Chennai, Ibukota Negara Bagian Tamil Nadu pada Sabtu 28 Juni kemarin, bersamaan dengan turunnya hujan deras.

Sejauh ini sudah ada 26 orang yang berhasil diselamatkan. Sebagian mereka dari yang selamat langsung pulang ke rumah. Sebagian lainnya menjalani perawatan trauma.

Sementara itu, tim penyelamat saat ini tengah berusaha keras mencari para korban. Ratusan personil kepolisian dan petugas pemadam kebakaran juga turun tangan untuk membantu proses evakuasi.

Batu-batu reruntuhan tengah diupayakan segera dikeluarkan dari lokasi ambruk demi mempermudah pencarian. Namun menurut seorang pejabat pemadam kebakaran Vijay Shekar, butuh waktu 2 hari untuk memindahkan seluruh puing tersebut.

Penyebab ambruknya gedung belum diketahui. Hingga kini aparat berwenang masih menyelidikinya.

Insiden ambruknya gedung di India ini bukanlah yang kali pertama. Sebelumnya, pada Januari 2014, sekitar 14 orang tewas akibat reruntuhan bangunan di Negara Bagian Goa, India Barat. Pada September 2013, 42 orang meregang nyawa akibat insiden serupa di Mumbai.

Kasus gedung runtuh ini menjadi perhatian serius sejumlah pihak mengingat banyak warga tak mampu di India yang nekat mengambil risiko mengambi tempat tinggal dan sewa rumah susun murah namun dengan konstruksi bangunan yang rentan ambruk. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India