Sukses

Sapi-sapi Laut Serbu Pantai Florida

Sekompok hewan laut itu berenang tanpa henti menuju tepi pantai, melewati bawah perahu para turis.

Liputan6.com, Florida - Sebuah keluarga yang sedang berlibur di Florida takjub, melihat sekelompok manatee atau lebih dikenal dengan sapi laut menyerbu tepian pantai. Mereka berenang dalam kelompok di sekeliling kapal yang ditumpangi turis tanpa terlihat takut.

Dalam video yang direkam sebuah keluarga lalu beredar di YouTube dan dimuat di Daily Mail, Selasa (3/6/2014), terlihat sekitar 16 sapi laut berenang dengan tenang melewati perahu mereka.

Para turis itu sedang menghabiskan akhir pekan di Three Rooker Island, pantai di bagian barat Florida, ketika mereka melihat mamalia laut itu di dalam air.

Sekompok hewan laut itu berenang tanpa henti menuju tepi pantai, melewati bawah perahu para turis. Sapi-sapi laut yang bisa mencapai ukuran panjang 3,9 meter itu benar-benar berenang di perairan dangkal, di mana seorang pria berdiri dengan air lalut di batas pinggangnya.

Rekaman video dari mamalia laut itu telah ditonton lebih dari 100 ribu kali, sejak Sydney Griswold yang berusia 19 tahun mempostingnya di YouTube.

"Keluargaku dan aku berada di Three Rooker Island di Dunedin, Florida kemarin. Dan apa yang kami lihat sangat mengagumkan! Kawanan 16 manate berenang tepat di depan perahu kami dan sepanjang pantai pulau. Itu menakjubkan!" kata turis.

Manate umumnya dikenal sebagai makhluk soliter, yang senang menyendiri atau hidup berpasangan.

Manatee merupakan spesies langka dan dilindungi di bawah hukum federal. Meski demikian, masih saja ada turis bandel yang nekat menyentuh hewan laut itu. Padahal mereka bisa dikenai hukuman denda $500 atau sekitar Rp 5,9 juta dan 60 hari penjara.

Sebelumnya ada juga video yang menunjukkan orang-orang mencoba naik manatee, saat mereka berenang ke perairan dangkal. Atau melompat dari dermaga untuk menyelam bersama mereka. Namun hal itu, tak dipermasalahkan.

Dua tahun lalu, Ana Gloria Garcia Gutierrez ditangkap setelah rekaman videonya menaiki manatee beredar di dunia maya. Aksinya dianggap membahayakan sapi laut itu. Sehingga ia dicari dan dihukum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini