Sukses

Kapal Tanker Minyak Meledak di Jepang, Kapten Kapal Hilang

Juru bicara tim penjaga pantai mengatakan pihaknya tengah berupaya keras untuk mencari sang kapten kapal yang hilang.

Liputan6.com, Hyogo - Sebuah Kapal tanker minyak meledak di lepas pantai Jepang. Akibatnya seorang awak kapal hilang. 4 awak lainnya mengalami luka-luka.

Seperti dimuat dari BBC, kapal tanker berbobot mati 998 itu meledak di lepas pantai Pelabuhan Himeji, Prefektur Hyogo, 450 kilometer sebelah barat Tokyo, Kamis (29/5/2014) pagi, pukul 09.20 waktu setempat.

Kapal pengebom air diluncurkan ke lokasi untuk memadamkan kebakaran di kapal tanker.

Kapal itu dalam kondisi tak bermuatan minyak saat meledak. Sebab kapal telah membongkar minyak mentah muatannya pekan lalu dan ketika itu tengah diparkir di Pelabuhan Himeji.

Akihiro Komura, pejabat perusahaan Syoho Shipping pemilik kapal itu mengatakan, ada 8 awak kapal. 7 di antaranya selamat, termasuk 4 korban luka. Sementara 1 lainnya adalah seorang kapten yang menghilang.

Komura menduga awak kapal menggunakan gerinda untuk menghilangkan cat dan karat pada kapal. Hingga membuat kapal itu meledak.

"Saya mendengar kru kapal sedang menggunakan gerinda untuk melepas cat. Sepertinya itulah yang menjadi penyebab ledakan. Sebab sisa minyak bertemu api percikan dari gerinda," jelas Komura.

Juru bicara tim penjaga pantai mengatakan pihaknya tengah berupaya keras untuk mencari sang kapten kapal yang hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.