Sukses

Gempa 5,4 SR Guncang Meksiko, Bangunan Bergoyang

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui jumlah kerusakan maupun korban jiwa yang timbul akibat gempa tersebut.

Liputan6.com, Mexico City - Gempa berkekuatan 5,4 skala Richter (SR) mengguncang kawasan barat laut Oaxaca, Meksiko. Gempa tersebut dilaporkan terjadi pada Sabtu pagi waktu setempat.

"Gempa terjadi pada kedalaman 38 km," demikian informasi dari Badan Survei Geologi AS (USGS) yang dikutip Liputan6.com dari Reuters, Sabtu (24/5/2014).

Menurut badan tersebut, awalnya gempa yang terjadi pada pukul 08.24 GMT berkekuatan 5,7 SR. Namun akhirnya ditetapkan gempa hanya berkekuatan 5,4 SR.

"Gempa tersebut juga dilaporkan menggoyang bangunan di ibukota, Mexico City, 330 km (200 mil) di barat laut," kata seorang saksi kepada Reuters.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui jumlah kerusakan maupun korban jiwa yang timbul akibat gempa tersebut.

Sebelumnya pada bulan yang sama, gempa berkekuatan besar 6,4 skala Richter juga mengguncang Meksiko. Tepatnya pada Kamis 8 Mei 2014 waktu setempat. Akibatnya sejumlah bangunan rusak. Jembatan 30 meter pun runtuh.

Padahal, jembatan itu baru diperbaiki setelah rusak akibat banjir dan gempa 7,2 SR pada April 2014.

Kala itu Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa terjadi di sebelah selatan Negara Bagian Guerrero. Pusat gempa berada di titik 15 km sebelah utara Tecpan de Galeana. "Gempa terasa hingga sejauh 277 km di Mexico City," lapor USGS seperti dimuat Newsobserver, Jumat 9 Mei.

Saat gempa mengguncang, para karyawan di sejumlah gedung Ibukota panik dan berlarian ke luar kantor. Jalanan penuh sesak oleh warga yang ketakutan dilanda gempa. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini