Sukses

Perempuan AS Ditemukan Setelah 10 Tahun Diculik

Korban akhirnya berani melapor ke polisi setelah menemukan dan mengontak saudarinya lewat jejaring sosial Facebook.

Liputan6.com, California - Seorang wanita 25 tahun yang hilang 10 tahun yang lalu di California muncul. Kepada polisi, ia mengaku dipaksa menikahi penculiknya bahkan memiliki anak darinya.

Perempuan yang tak disebut namanya itu berasal dari Santa Ana, ia mengontak polisi setelah menemukan saudarinya di jejaring sosial Facebook.

Polisi yang langsung bergerak akhirnya menangkap Isidro Garcia (41) atas tuduhan penculikan, pemerkosaan, dan menahan seseorang secara tidak.

Dalam pernyataannya, polisi mengatakan, tersangka pernah tinggal bersama keluarga korban sebelum akhirnya menghilang.

Kekerasan terhadap korban dimulai pada tahun 2004, saat tersangka Garcia berkencan dengan ibu korban, tinggal bersama dia dan anak-anaknya di sebuah rumah Santa Ana, sebuah kota di Orange County.

Polisi menduga, Garcia mulai melakukan pelecehan seksual pada korban pada Juni tahun itu. Dua bulan kemudian,  ia menyerang ibu korban dan menguncinya di garasi, lalu membius gadis malang tersebut kemudian membawanya ke tempat lain.

"Selama bulan-bulan dan tahun-tahun berikutnya, Garcia berulang kali berkata pada korban bahwa keluarganya telah menyerah mencarinya. Dan jika ia berusaha kembali, keluarganya akan segera dideportasi," demikian keterangan polisi seperti Liputan6.com kutip dari BBC, Kamis (22/5/2014).

Garcia dan korbannya diketahui beberapa kali pindah untuk menghindari deteksi polisi. Pelaku dituduh melakukan kekerasan fisik dan seksual pada korban. Keduanya diketahui bekerja bersama di layanan pembersihan yang bertugas di malam hari.

"Meski ada kesempatan kabur, kekerasan fisik dan mental selama bertahun-tahun, korban tak melihat ada jalan keluar dari situasinya dan terpaksa tinggal bersama Garcia di bawah penganiayaan fisik dan mental yang berkelanjutan," kata polisi.

Pada tahun 2007, Garcia memaksa korban menikah dengannya. Pasangan itu memiliki 2 anak.

"Baru-baru ini korban mengontak saudarinya lewat Facebook dan akhirnya mendapatkan keberanian untuk mengontak polisi.

Laporan media lokal menyebut, polisi mendapat telepon dan langsung menuju rumah yang dihuni pelaku dan korban pada Senin malam. Perempuan yang ada di sana mengaku sebagai korban penculikan 10 tahun lalu. Sementara Garcia yang ditangkap pada hari Selasa, belum didakwa secara resmi.

Sebelumnya, 3 wanita yang hilang secara terpisah sekitar satu dekade diselamatkan dari sebuah rumah di Cleveland, Ohio.

Penculik mereka, Ariel Castro, bunuh diri di penjara pada September 2013. Ia divonis hukuman seumur hidup ditambah bui selama 1.000 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini