Sukses

Korut Nyatakan Bakal Uji Coba Nuklir dalam Waktu Dekat

Ancaman tersebut terdengar beberapa hari usai pernyataan Menhan Korsel, bahwa persiapan untuk tes peluncuran rudal baru akan selesai.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara kembali memanaskan situasi dengan melontarkan isu akan melakukan uji cobanuklir yang dimilikinya. Rencana uji coba nuklir untuk keempat kalinya itu, diberitakan akan dilakukan dalam waktu dekat.
 
Dilansir dari koran resmi Korea Utara Rodong Sinmun yang dikutip dari Reuters, Minggu (11/4/2014), Korut berdalih dibenarkan menggunakan segala cara guna menangkal kekuatan militer Amerika Serikat dan Korea Selatan yang membahayakan kedaulatannya.

Mereka menyatakan akan mengambil langkah-langkah balasan termasuk uji coba nuklir untuk melindungi kedaulatan dan martabat.

Ancaman tersebut terdengar beberapa hari setelah pernyataan Menteri Pertahanan Korsel bahwa persiapan uji peluncuran rudal baru hampir selesai. Meskipun, para ahli AS menduga uji coba tersebut mungkin tidak dilakukan dalam waktu dekat.

Seorang pejabat AS mengatakan, negaranya memantau situasi di semenanjung Korea dan mendesak Korut untuk menahan diri dari tindakan yang bisa mengancam perdamaian regional.

"Amerika Serikat tetap teguh dalam komitmen untuk membela sekutu-sekutunya, dan terus berkoordinasi erat dengan kedua Republik Korea dan Jepang," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Patrick Ventrell dalam sebuah pernyataan melalui email.

Ancaman Korut untuk memamerkan kekuatan militernya guna melawan yang disebutnya permusuhan yang dipimpin Amerika Serikat, telah meningkat pada Maret. Terjadi setelah Dewan Keamanan PBB mengecam peluncuran rudal Korut ke perbatasan laut antara negara itu dengan Korsel.

Korut berada di bawah sanksi berat yang dijatuhkan oleh beberapa resolusi PBB sejak 2006. Namun, negara itu justru melawan semua tekanan dan tak mau membatalkan program nuklir. Terakhir, mereka melakukan uji coba nuklir pada Februari 2013. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini