Sukses

Benarkah Aksi Bunuh Diri Jadi Pemicu Tragedi MH370?

Malaysia berkesimpulan pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh di Samudera Hindia bagian selatan.

Liputan6.com, London - Malaysia berkesimpulan pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh di Samudera Hindia bagian selatan. Tak ada satu pun dari 239 orang di dalam pesawat itu yang dinyatakan selamat.

Lantas, mengapa pesawat yang terbang dari Kuala Lumpur dengan tujuan Beijing itu berubah arah ke selatan? Koran Inggris, The Telegraph, Selasa (25/5/2014) mengutip sumber yang diklaim sangat terpercaya dari tim investigasi hilangnya MH370. Sumber itu menyebut motif bunuh diri terkait hilangnya pesawat Boeing 777-200ER itu.

Sumber dari tim investigasi itu yakin tidak ada unsur kerusakan atau tidak berfungsinya peralatan yang menyebabkan pesawat tersebut terbang dengan lintasan yang tidak lazim. Atau matinya sistem komunikasi sebelum pesawat tersebut berbalik arah dari jalur semestinya.

Sebuah analisa rute, sinyal, dan komunikasi penerbangan menunjukkan pesawat Malaysia Airlines terbang "dengan cara yang masuk akal."

"Ini adalah tindakan sengaja dari seseorang di dalam pesawat yang mengetahui secara detail apa yang harus dilakukan," kata sumber itu dikutip The Telegraph.

Sumber itu menegaskan kemungkinan malfungsi sistem dalam pesawat atau pun kebakaran sangat kecil. "Para penyelidik telah melalui proses bagaimana pesawat itu terbang selama 8 jam. Para penyelidik menyimpulkan pesawat itu diterbangkan dengan cara yang masuk akal," tegas sumber tersebut. (Tanti Yulianingsih)

Baca juga:

Fenomenal! Rumus Fisika Ini Kuak Misteri Malaysia Airlines MH370

Jeritan Menyayat Ibu Korban MH370: Anakku...Anakku!

Tony Abbott: Objek yang ditemukan Berbentuk Lingkaran dan Persegi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini