Sukses

Cari Pesawat MH370, TNI AU Sisir Selat Malaka

Pasukan TNI AU Palembang akan menyisir keberadaan MH370 hingga ke Selat Malaka.

Liputan6.com, Palembang- Misteri hilangnya pesawat maskapai penerbangan Malaysia Airlines MH370 turut menggerakkan TNI AU Palembang untuk ikut mencari. Bahkan, pasukan TNI AU Palembang akan menyisir keberadaan MH370 hingga ke Selat Malaka.

Komandan Lanud Palembang, Letnan Kolonel Ramod Sinaga mengatakan pencarian yang akan dilakukan besok membidik beberapa wilayah yang berkemungkinan dilewati MH370.

"Besok baru akan kita cari, ada beberapa wilayah yang nantinya akan kita sisir, seperti Pantai Barat Sumatera, Selat Sunda hingga ke Selat Malaka," ucapnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (22/3/2014).

Untuk melakukan penyisiran MH370 yang hilang sejak Sabtu, 8 Maret 2014 lalu, pihaknya akan menggunakan satu pesawat Boeing 737. Pesawat Boeing 737 ini telah tiba tadi pagi di Palembang sekitar pukul 10.40 WIB.

"Sebelumnya, posko pencarian MH370 berada di Medan. Namun setelah dilakukan koordinasi, posko pencarian dipindah di Palembang. Ini merupakan komando dari atas untuk membantu pencarian MH370," lanjutnya.

Nantinya Boeing 737 itu akan terbang sebanyak dua kali dalam sehari, dengan penerbangan tiga jam. Pesawat ini akan dibawa oleh Pilot Mayor Penerbang, Achmad Iwan dari Skuadron Udara 5 Makassar dan ada 14 personel yang membantu.

Untuk waktu pencarian sendiri, ia menambahkan masih belum bisa memastikan. "Tergantung kondisilah,seberapa lama itu kami menunggu perintah lebih lanjut dari atasan," lanjutnya.

Ditambahkan Pilot Boeing 737 Mayor Penerbang, Achmad Iwan penerbangan akan dimulai dari pantai Barat Sumatera, Selatan Jawa dan masuk ke Selat Sunda. "Jika pagi besok sudah memungkinkan untuk terbang, kami langsung melakukan pencarian," ujarnya.

Untuk kelengkapan sendiri, pesawat Boeing 737 ini dilengkapi dengan kamera pengintai di dalam pesawat untuk lebih fokus mencari keberadaan MH370 Malaysia di lokasi penyisiran.

Baca juga:

Pencarian Panjang Malaysia untuk Temukan Pesawat MH370

RI Tutupi Radar MH370? Menlu Marty: Itu Bukan Tudingan Malaysia

Habibie: MH370 Meledak Berkeping-keping di Udara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.