Sukses

4 Jam Mencari, Pesawat Canggih AS Tak Temukan Objek Diduga MH370

Sejumlah pesawat dikirim untuk mengonfirmasi benarkah benda tersebut ada kaitannya dengan Boeing 777-200ER yang raib Sabtu 8 Maret 2014.

Liputan6.com, Perth - Data satelit mengungkap keberadaan 2 objek diduga terkait pesawat Malaysia Airlines Penerbangan MH370 yang hilang, di perairan barat daya Perth, Australia. Sejumlah pesawat dikirim untuk mengonfirmasi benarkah benda tersebut ada kaitannya dengan Boeing 777-200ER yang raib Sabtu 8 Maret 2014.

Dalam upaya perdana, pesawat milik Amerika Serikat belum berhasil menemukan obyek yang terombang-ambing di lautan luas. Meski telah terbang selama 4 jam. "Pesawat P-8A Poseidon telah menyelesaikan penerbangan melalui daerah target dan tak menemukan apa-apa," demikian menurut seorang pejabat seperti ditulis NBC News di akun Twitter seperti dilansir dari The Star, Kamis (20/3/2014).

Pesawat milik AS itu kembali ke pangkalan untuk mengisi bahan bakar. Sementara, pesawat lain milik Australia dan Selandia baru masih melakukan pencarian. P-8A Poseidon adalah pesawat anti-kapal selam yang canggih, yang dapat memindai area hingga 10.000 mil persegi.

Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) juga telah 'berkicau' bahwa P-3C Orion yang diawaki Angkatan Udara Australia, juga belum dapat menemukan puing-puing. "Awan dan hujan telah membatasi visibilitas di daerah itu," kicau AMSA.

Oleh karena itu, lebih banyak pesawat akan dikerahkan untuk melanjutkan pencarian pesawat yang membwa 239 orang itu.

Menurut pejabat AMSA kepada ABC News, penampakan satelit terbaru adalah petunjuk terbaik sejauh ini. Dan kini sudah pada tahap penyelidikan.

John Young dari Divisi Tanggap Darurat AMSA mengatakan, penemuan ini cukup kredibel untuk mengalihkan pencarian ke daerah itu."Objek terbesar yang terlihat di satelit panjangnya sekitar 24 meter," tambah Young. "Ini petunjuk, ini mungkin yang terbaik yang kita miliki sekarang," ungkapnya.

Dilansir dari ABC News, para pejabat menekankan agar tetap berhati-hati meskipun sudah ada perkembangan terbaru. Sebab mungkin saja penemuan itu tidak berhubungan dengan penerbangan MH370 itu.

Pencarian untuk jet Malaysia merupakan yang terpanjang dalam sejarah penumpang maskapai penerbangan modern. Rekor sebelumnya adalah pencarian 10 - hari untuk Boeing 737-400 yang dioperasikan oleh Indonesia , PT Adam Skyconnection Airlines, yang hilang di lepas pantai pulau Sulawesi negara itu pada tanggal 1 Januari 2007. (Elin Yunita Kristanti)

Baca juga:

Misteri MH370 Berakhir pada Hari Ke-13 di Perairan Perth?

Ukuran Obyek Misterius di Perth Versus Dimensi Pesawat MH370

Pesawat MH370 Terlama Hilang Dalam Sejarah Abad 21

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.