Sukses

Ahli: Butuh 48 Jam Mengonfirmasi Objek yang Diduga MH370

Ditemukan 2 objek diduga Boeing 777-200ER milik maskapai negeri jiran di perairan 2300-2500 kilometer di barat daya Perth.

Liputan6.com, Singapura - Perkembangan signifikan mengenai hilangnya pesawat Malaysia Airlines Penerbangan MH370 datang dari Australia. Ditemukan 2 objek diduga Boeing 777-200ER milik maskapai negeri jiran di perairan 2300-2500 kilometer di barat daya Perth.

Meski obyek tersebut berhasil didekati, tak serta merta bisa memastikannya sebagai pesawat yang raib 13 hari -- terhitung sejak dinyatakan hilang setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) menuju Beijing pada Sabtu 8 Maret 2014.

Menurut Michael Daniel, pensiunan pejabat Badan Penerbangan Federal AS atau United States Federal Aviation Administration, bisa jadi butuh waktu 48 jam alias 2 hari.

"Jika mereka punya keyakinan atau indikasi bahwa puing itu adalah pesawat MH370, salah satu langkah pertama yang harus dilakukan adalah menurunkan pelampung sonar di dalam air," kata dia kepada Straits Times, seperti Liputan6.com kutip dari The Star, Kamis (20/3/2014).

"Jika ada kotak hitam (black box) di sana, pelampung harus mampu mengambil sinyal. Ini bisa memakan waktu hingga 48 jam, tapi itu semua tergantung pada seberapa dekat atau jauh kapal atau pesawat di dekatnya."

Pelampung sonar adalah perangkat yang dilengkapi dengan penerima akustik dan pemancar radio yang memancarkan sinyal radio ketika mendeteksi suara di bawah air. Sementara, batere di kotak hitam biasanya berfungsi selama 30 hari.

Sebelumnya, aparat Australia mengatakan, mereka mungkin menemukan puing MH370. Dua objek, yang terbesar ukuran 24 meter, ditemukan mengambang di Samudera Hindia.

Empat pesawat pencari telah dikirim dari Australia-- termasuk milik AS dan Selandia Baru. Juga dua kapal ke area di mana puing-puing itu diperkirakan berada. Sejumlah kapal niaga yang berada dalam jarak relatif dekat dengan titik keberadaan objek juga diminta mendekat. Butuh waktu 4 jam bagi pesawat yang terbang dari Perth menuju lokasi. (Yus)

Baca juga:

Misteri MH370 Berakhir pada Hari Ke-13 di Perairan Perth?

Ukuran Obyek Misterius di Perth Versus Dimensi Pesawat MH370

Pesawat MH370 Terlama Hilang Dalam Sejarah Abad 21

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini