Sukses

[VIDEO] Terlacak, Detik-detik Terakhir Pergerakan Malaysia Airlines

Keberadaan pesawat maskapai Malaysia Airlines Boeing 777-200 dengan nomor penerbangan MH370 rute Kuala Lumpur menuju Beijing masih misterius

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Keberadaan pesawat maskapai Malaysia Airlines Boeing 777-200 dengan nomor penerbangan MH370 rute Kuala Lumpur menuju Beijing masih misterius. Berbagai upaya dilakukan tim pencari gabungan. Namun belum membuahkan hasil yang berarti.

Situs lalu lintas penerbangan Flightradar24.com berhasil melacak dan merekam detik-detik terakhir pergerakan pesawat Malaysia Airlines itu sebelum menghilang. Dalam video yang diadaptasi BBC dari Flightradar24.com, terlihat pergerakan pesawat dari Kuala Lumpur hingga di tengah laut sekitar Malaysia.

"Ini menjadi tantangan. Ini adalah jalur pergerakan (MH) 370 hingga saat dinyatakan hilang di tengah laut," lapor koresponden BBC Richard Westcott dalam tayangan video yang dikutip Liputan6.com pada Rabu (12/3/2014).

Dia menjelaskan, meski saat-saat terakhir pergerakan pesawat Malaysia Airlines itu didapatkan. Namun tetap saja tidak diketahui di mana keberadaan burung besi tersebut saat ini.

"Ini masih menjadi misteri, apalagi ketika kru pesawat tak melaporkan mayday (tanda darurat)," ujar Richard.

Komandan Region 5 Angkatan Laut Vietnam Laksamana Ngo Van Phat mengatakan, pesawat MH370 diduga jatuh ke laut, tepatnya di 153 mil selatan Pulau Phu Quoc, Vietnam.

Kabar lain menyebut pesawat jatuh di perairan antara Vietnam dan Malaysia sebab Angkatan Udara Vietnam menjumpai 2 genangan minyak besar di perairan antara 2 negara tersebut.

Dugaan lain menyatakan pesawat diduga jatuh di sekitar Semenanjung Ca Mau, Vietnam. Namun tak diketahui pasti lokasi tepat jatuhnya pesawat tersebut.

Yang terbaru, pesawat diduga jatuh di sekitar Selat Malaka setelah ada temuan radar yang menyebut pesawat yang seharusnya menuju utara atau ke Beijing, China justru belok ke arah barat atau Selat Malaka setelah melintasi Kota Bharu, Malaysia.

Hingga kini, sudah lebih dari 96 jam atau 4 hari lebih, pesawat yang mengangkut 239 penumpang tersebut belum juga ditemukan. Pencarian menggunakan helikopter, pesawat, kapal selam, hingga satelit beresolusi tinggi belum menelurkan hasil.

Baca juga:

Perbandingan Malaysia Airlines dengan Adam Air yang Hilang Misterius

Tanda Tanya Besar Burung Besi Jiran

Pesawat-pesawat yang Hilang Misterius

5 Teori Konspirasi Hilangnya Malaysia Airlines MH370

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini