Sukses

[VIDEO] Sempat Balik Arah, Malaysia Airlines Disabotase?

Hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 tujuan Beijing menimbulkan sejumlah spekulasi antara lain terorisme.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Radar yang memeriksa perjalanan Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH370 tujuan Beijing, mengindikasikan pesawat kemungkinan berbalik arah dari rute sebelum menghilang. Pesawat tersebut hilang kontak 120 mil laut dari pesisir timur Kota Baru, Malaysia, Sabtu, 8 Maret subuh.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (9/3/2014), dengan memperhatikan kemungkinan pesawat berbalik arah, wilayah pencarian pun diperluas.

Saat ini pencarian jejak pesawat dilakukan oleh sejumlah tim dari beberapa negara menggunakan 22 pesawat dan 40 kapal. Kabar mengenai tumpahan minyak di perairan Vietnam juga tengah diperiksa dan belum ada tanda-tanda keberadaan bangkai pesawat ataupun puingnya.

Hilangnya pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER yang seolah tanpa jejak menimbulkan sejumlah spekulasi, antara lain terorisme. Informasi soal penumpang dengan paspor curian juga tengah ditindaklanjuti.

Pemerintah Malaysia bekerjasama dengan FBI untuk melakukan penyelidikan. Sementara Menteri Transportasi Malaysia, Hishamuddin Hussein menyatakan penyelidik tengah memeriksa identitas penumpang.

Meski 2 orang di antara penumpang dikabarkan menggunakan paspor curian, belum ada laporan resmi mengenai keterkaitannya dengan tindakan terorisme. Tidak ada indikasi sabotase atau klaim serangan teror.

Pesawat Boeing 777-200ER milik Malaysia Airlines tersebut berangkat dari Kuala Lumpur Sabtu, 8 Maret 2014 pukul 00.30 waktu Malaysia. Pesawat diperkirakan mendarat di Beijing pukul 06.30 waktu setempat.

Namun pesawat hilang kontak dengan menara kendali lalu lintas udara sekitar 2 jam setelah mengudara atau saat berada di atas perairan Vietnam.

Dari 239 penumpang, termasuk 2 bayi dan 12 awak pesawat, ada 158 warga China, 7 warga Indonesia, 38 warga Malaysia dan sejumlah warga dari Amerika Serikat, Rusia, Australia dan sejumlah negara Eropa. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang Pernah Alami Kecelakaan

Pesawat-pesawat yang Hilang Misterius

[VIDEO] Polri Ambil Sampel Darah WNI Penumpang Malaysia Airlines

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini