Sukses

14 Tahun `Hidup Bahagia` Bersama Suami dan Anak Manekin

Suzanne Heintz hidup bersama dengan suaminya, si tampan Chauncey dan putrinya yang tak pernah tumbuh, Mary Margaret. Keduanya manekin.

Liputan6.com, Colorado - Suzanne Heintz bukan orang aneh, apa yang dilakukan seniman perempuan ini memang nyeleneh. Direktur Starz Entertainment Group di Englewood, Colorado, Amerika Serikat itu tinggal bersama keluarganya yang tak biasa: suaminya Chauncey dan putrinya yang tak pernah tumbuh, Mary Margaret. Keduanya adalah manekin alias boneka plastik.

Tak hanya itu, selama bertahun-tahun Suzanne bepergian menempuh jarak 16 ribu kilometer di seluruh Amerika Serikat dan dunia -- mengambil foto bahagia bersama orang-orangan yang ia cintai. Semua itu dilakukan demi sebuah proyek seni bertajuk  'Life Once Removed'.

Sebelum dua manekin itu menjadi bagian hidupnya, Suzanne mengaku bosan dan jengah disodori pertanyaan seperti, 'Kapan kau menikah?'. Khususnya dari sang ibu. "Tak ada pria yang sempurna," kata sang ibu padanya 15 tahun lalu, seperti Liputan6.com kutip dari Oddity Central, 6 Maret 2014. "Mudah kok menikah, kau hanya harus memilih seseorang," rayu ibunya.

Dan berkali-kali juga, Suzanne menjawab, "Bu, tak semudah itu. Aku tak bisa keluar, membeli keluarga, dan mewujudkannya."

Tapi justru itu yang ia lakukan.

Suatu ketika saat melewati sebuah toko ritel yang bangkrut, Suzanne terkesima melihat jajaran manekin. Lalu, sebuah ide melintas dalam pikirannya. "Aku bisa membeli keluarga!"

Kemudian, ia memulai hubungan asmara imajiner dengan si tampan Chauncey. Suzanne lalu rajin mengambil gambar bersama para manekinnya. "Mereka hanya manekin, cangkang dengan lapisan mengkilat, tak ada apapun di dalamnya. Namun, kami melakukan hal-hal yang biasa dilakukan sebuah keluarga, mengabadikannya dalam foto."

Dalam semua foto 'keluarga' wajah Suzanne selalu penuh suka cita. Ia terlihat menikmati petualangannya, meski orang-orang mengiranya 'gila'.



Buat Suzanne, segala tindakan itu adalah bagian dari pemberontakannya. Pada adat dan pendapat orang bahwa perempuan harus menikah agar bahagia. "Jika melewati hidup tanpa kotak berisi cincin dan kereta bayi, pastilah, sesuai anggapan orang, aku kehilangan kesempatan memiliki album foto bahagia, tapi bukan itu intinya," kata dia.

"Saat mengambil foto, orang lain akan menghentikan langkah mereka dan bertanya, 'mereka kau melakukannya'. Mereka, saat itu, sedang memberikan penilaiannya."

Soal penilaian itu, Suzanne melakukan sebuah proyek yang punya tujuan dalam -- ia ingin mengingatkan orang bahwa ada banyak mimpi. Bahwa tak ada manusia yang harus hidup mengikuti apa yang didikte orang dan prasangka masyarakat.

"Ya, memang, aku seorang perempuan dewasa yang main rumah-rumahan," ungkap Suzanne. "Tapi untuk sebuah alasan yang sangat baik. Bahwa aku memiliki hak untuk memutuskan hidupku sendiri. Pun dengan semua perempuan!"

Namun, mengambil semua foto itu bukan perkara mudah. "Bepergian dengan keluarga yang manusia saja sulit, apalagi dengan yang 'lumpuh dan telanjang. Sebuah penyiksaan singkat. Tapi aku ingin melakukannya. Seni memang bukan hal mudah, itu yang membuat sebuah karya menjadi layak diperhatikan."

Suzanne mengambil 300 sampai 500 foto per sesi. Itu bisa makan waktu berjam-jam.

Sang seniman mengaku mendapatkan reaksi beragam dari orang-orang, terutama saat ia mencoba melibatkan publik dalam sesi foto. "Aku membutuhkan publik untuk karakter dan konteks foto," kata dia. "Ada yang senang, terkejut, bahkan tak bisa berhenti tertawa." Beberapa orang bahkan langsung berbalik dan menjauh. 



Lalu, bagaimana dengan kehidupan nyata Suzanne? Ternyata ia sangat normal. "Aku selalu punya pacar dalam hidupku," kata dia. Meski menjalin cinta dengan pria, belum terbesit dalam pikirannya untuk menikah, bahkan dengan kekasih terakhirnya yang sudah 7 tahun menjalin hubungan.

Namun, ia berniat memperbaharui janjinya dengan Chauncey pada bulan Juni nanti. Secara besar-besaran. Ada band, banyak makanan dan tetamu. Setengah dari daftar tamu adalah manekin. Dari pihak 'mempelai' lelaki. (Tanti Yulianingsih)

Baca juga:

Kritik Putin, Presenter Cantik Rusia Dikirim ke ` Medan Perang`

Misteri Tanggal Cantik `11-12-13`, Luar Biasa atau Kebetulan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.