Sukses

Rahasia Hidup Perempuan Tertua di Dunia: Makan, Tidur, Rileks Saja...

Perempuan hidup tertua di dunia, Misao Okawa akan merayakan ulang tahunnya yang ke-116 besok, Rabu 5 Maret 2014.

Liputan6.com, Tokyo - Perempuan hidup tertua di dunia, Misao Okawa akan merayakan ulang tahunnya yang ke-116 besok Rabu 5 Maret 2014. Jelang hari jadinya itu, ia membagi rahasia hidupnya yang begitu panjang.

Rahasia itu sejatinya sangat sederhana. "Makan dan tidur (cukup), maka Anda akan berumur panjang," kata dia kepada Telegraph, seperti Liputan6.com kutip dari Huffington Post, Selasa (4/3/2014). "Anda juga harus belajar untuk rileks."

Misao Okawa sudah menjalankannya selama bertahun-tahun. "Ibu Okawa makan cukup banyak 3 kali sehari dan memastikan ia tidur cukup 8 jam dalam semalam," kata Tomohito Okada, kepala rumah lansia di mana Nenek Misao tinggal selama 18 tahun terakhir.

"Dengan tegas ia mengatakan, makanan kesukaannya adalah sushi, terutama irisan tengiri yang diletakkan di atas nasi yang dicampur cuka mirin. Bu Okawa mendapatkannya setidaknya sekali dalam sebulan."

Misao relatif baru memegang Guinness World Record sebagai wanita tertua di dunia, setelah meninggalnya pemegang rekor sebelumnya, Jireomon Kimura pada Juni 2013 di usia 116 tahun. Masa hidupnya melebihi angka harapan hidup perempuan di Jepang yakni 85,9 tahun.

Nenek Misao lahir di Osaka, Jepang pada 5 Maret 1898 di sebuah keluarga pedagang kimono.

Ia menikah tahun 1919 dan memiliki 3 anak, dua di antaranya -- seorang pria dan perempuan -- masih hidup. Misao juga punya 4 cucu dan 6 cicit. Suaminya meninggal pada 1931, 83 tahun lalu.

Menurut Guinness World Records, Misao adalah anggota klub elit supercentenarians -- yang semua anggotanya harus berusia setidaknya 110 tahun.

Selamat ulang tahun Nenek Misao!

Negeri Panjang Umur

Masih soal orang-orang sepuh berumur panjang, di Chengmai, pedesaan yang dipenuhi titik-titik perkebunan jeruk di pulau tropis di Provinsi Hainan, China, mengklaim memiliki lebih dari 200 penduduk berusia lebih dari 100 tahun. Dengan populasi yang "hanya" 560 ribu, ini adalah rasio lansia panjang umur tertinggi di dunia.

Tiga lansia di antaranya dilaporkan masuk kategori "supercentenarians" -- sebutan bagi mereka yang berusia lebih dari 110 tahun. Yang jumlahnya hanya segelintir, kurang dari 400, yang masih ada di seluruh dunia.

Salah satunya adalah Li Aizhu, tertulis dalam KTP, ia dilahirkan pada tahun 1900. Rahasia umur panjang Nenek Li amat sederhana. "Kami pernah bertanya padanya,'' kata salah satu cicitnya, Yi Mei." Dia mengatakan, itu  karena ia makan banyak minyak kacang. Itu rahasianya.''

Sebelumnya ada juga mendiang Besse Cooper, yang merayakan ultah ke-116 pada 26 Agustus 2012.

Suatu hari ia mengutarakan rahasia umurnya yang panjang. "Aku hanya memikirkan urusanku sendiri dan menjauhi makanan tak sehat, junk food," kata dia, berkomentar untuk Guinness World Records.

Sang nenek juga berusaha mensyukuri hidupnya. Makin tua usia Besse Cooper, makin jenaka dia. Putranya, Sydney Cooper juga menyebut, usia panjang sang ibu disebabkan gaya hidupnya yang aktif, menerapkan pola hidup sehat, dan pribadinya yang tegar. Jadi, siapa ingin panjang umur? (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Lansia China Menguak Rahasia Umur Panjang, Lebih dari 100 Tahun!

Tertua di Dunia! Petani Ethiopia Mengklaim Berusia 160 Tahun

Bocah 14 Tahun `Terjebak` dalam Tubuh Lansia Usia 110 tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini