Sukses

PM Cina Dilempar Sepatu

PM Wen Jiabao dilempar sepatu saat berpidato di Universitas Cambridge, Inggris. Pelaku kini ditahan atas tuduhan melanggar ketertiban umum.

Liputan6.com, Cambrigde: Insiden pelemparan sepatu ke arah kepala negara kembali terulang. Kali ini, insiden pelemparan sepatu menyasar ke Perdana Menteri Cina Wen Jiabao saat berpidato di Universitas Cambridge, Inggris, Senin (2/2). Seorang peserta memprotes pihak universitas yang disebutnya bersedia mendengarkan kebohongan PM Jiabao.

Saat diusir, dia meleparkan sepatu olahraganya ke arah PM Jiabao. Namun, lemparannya tidak tepat dan hanya menghantam panggung, cukup jauh dari posisi PM Jiabao berada. PM Jiabao tak terganggu dan hanya menyatakan tindakan yang dilakukan pria berusia 27 tahun itu tak akan mengganggu hubungan bilateral Cina dan Inggris.

Saat ini, pelaku pelempar sepatu yang tak disebut namanya itu telah ditahan polisi. Dia dikenai tuduhan melanggar ketertiban umum. Sebelumnya insiden serupa pernah dilakukan wartawan Irak, Muntadhar al Zaidi, Desember 2008. Dia melemparkan sepatunya ke arah mantan Presiden Amerika Serikat George W. Bush saat melawat ke Baghdad, Irak [baca: Presiden Bush Dilempar Sepatu].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini