Sukses

Somchai Mundur, Bandara Siap Beroperasi Kembali

Massa akan beranjak dari Bandara Svarnabumi, Bangkok, Thailand, yang telah diduduki sejak sepekan lalu. Otoritas bandara menyatakan bandara beroperasi kembali mulai Jumat pekan ini.

Liputan6.com, Bangkok: Massa antipemerintah dari Aliansi Rakyat bagi Demokrasi (PAD) berjanji meninggalkan Bandar Udara Svarnabumi, Bangkok, Thailand, yang telah diduduki sejak sepekan lalu. Massa akan beranjak Rabu (3/12) pagi waktu setempat. Otoritas bandara menyatakan bandara beroperasi kembali mulai Jumat pekan ini.

Penarikan mundur massa dari bandara ini diambil setelah Perdana Menteri Somchai Wongsawat bersedia mundur. Mahkamah Konstitusi Thailand menyatakan Somchai harus mundur dari jabatannya. Somchai terbukti curang pada Pemilihan Umun 2007 silam. Keputusan itu berhasil meredakan kemelut politik di negara tersebut [baca: Partai Pimpinan PM Thailand Lakukan Kecurangan].

Keputusan Mahkamah Konstitusi Thailand juga merupakan jawaban atas unjuk rasa massa PAD di Bangkok. Aksi itu menewaskan tujuh warga dan puluhan lainnya cidera. Kini, kursi perdana menteri sementara dijabat Wakil Deputi PM Chaowarat Chandeerakul. Sementara perdana menteri yang baru akan dipilih parlemen dalam 30 hari mendatang.(IKA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.