Sukses

Sudan Airways Terbakar, 100 Tewas

Sekitar seratus penumpang dan awak pesawat Sudan Airways meninggal setelah kapal yang ditumpanginya terbakar saat mendarat di Bandara Khartum, Sudan. Pesawat tipe Airbus A-310 ini awalnya sempat mendarat mulus.

Liputan6.com, Khartoum: Pesawat Sudan Airways terbakar saat mendarat di Bandar Udara Khartum, Sudan, Selasa (10/6) malam waktu setempat. Akibatnya, sekitar 100 penumpang dilaporkan meninggal. Pesawat yang mengangkut 200 penumpang dan awak itu melayani jalur penerbangan dari Amman Yordania menuju Khartum Sudan.

Petugas menara Bandara Khartum Sudan menjelaskan, pesawat Sudan Airways ini awalnya sempat mendarat mulus. Tapi, ketika berkoordinasi dengan pihak menara untuk arah pendaratan, pesawat tipe Airbus A-310 ini tergelincir di landasan kemudian terbelah dan terbakar.

Berdasarkan penyelidikan sementara, kecelakaan disebabkan pesawat melebihi batas kecepatan dan juga akibat cuaca buruk hujan badai di lokasi landasan. Kecelakaan pesawat di Sudan terakhir kali terjadi bulan lalu di kawasan pedalaman selatan negeri itu. Korban mencapai 24 orang termasuk sejumlah pejabat pemerintah setempat. Lima tahun lalu pesawat Boeing 737 milik Sudan Airways gagal lepas landas dan terbakar menyebabkan 115 orang meninggal dunia.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.