Sukses

Airbus 380, Bintang Singapore Airshow

Pesawat Airbus A-380 yang baru-baru ini masuk dalam jajaran armada Singapore Airlines menjadi bintang Singapore Airshow 2008. Walau terlihat tambun, pesawat raksasa tampak lincah mengudara.

Liputan6.com, Singapura: Singapura kembali menggelar pameran dirgantara. Ajang kali ini diikuti oleh lebih dari 800 perusahaan dari 42 negara. Berbagai produk ditawarkan di ajang ini. Pesawat militer, pesawat sipil, hingga helikopter dipajang.

Meski bernama airshow, jangan heran melihat artileri medan yang dimiliki angkatan bersenjata Singapura ikut dipamerkan. Hal itu karena acara tersebut merupakan kerja sama antara otoritas penerbangan sipil Singapura dan badan ilmu pertahanan dan teknologi negara tersebut. Aerobatik yang absen di 2006 kembali memeriahkan langit sekitar Changi.

Bintang acara ini adalah "si gendut" Airbus A-380. Pesawat yang baru-baru ini masuk dalam jajaran fleet Singapore Airlines ini juga memperlihatkan kemampuannya. Walau terlihat tambun, pesawat raksasa tampak lincah mengudara.

Indonesia sendiri, selain memamerkan pesawat CN-235 juga melakukan banyak pembelian. Garuda misalnya, meneken kontrak dengan Boeing untuk pengadaan 10 pesawat jenis Boeing 777-300 ER. Pesawat yang mampu terbang 15 jam nonstop itu nantinya akan ditujukan pada pasar Eropa dan Amerika Utara.

Pengadaan pesawat baru ini diyakini akan membuat Uni Eropa kehabisan alasan untuk menerapkan larangan terbang bagi maskapai Indonesia di atas udara mereka. Review atas ketentuan larangan terbang Uni Eropa itu akan dilangsungkan Maret mendatang. Baik pemerintah maupun Garuda menyatakan melakukan kontak intensif dengan mitra mereka untuk mencabut ketentuan yang merugikan citra negara tersebut.(TOZ/Fahmi Ihsan dan Agung Supriyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini