Sukses

Keunikan Museum Hagia Sophia

Museum Hagia Sophia di Istambul, Turki, dibangun bangsa Romawi pada 532. Dahulu, bangunan ini berfungsi sebagai masjid sekaligus gerja.

Liputan6.com, Istambul: Hagia Sophia adalah sebuah museum di Istambul Turki. Dahulu, bangunan ini berfungsi sebagai masjid dan gereja. Namun, pada 1993 semasa pemerintahan Kemal Attartuk bangunan ini digunakan sebagai museum khusus masyarakat non-muslim.

Menurut laporan reporter SCTV Mahartiansyah dan Gunawan, karena keunikannya itu museum Hagia Sophia kini banyak dikunjungi wisatawan dari mancanegara. Gedung ini dibangun bangsa Romawi pada 532. Gedung ini sempat disebut-sebut sebagai bangunan terbesar ke dua di dunia setelah piramida di Mesir.

Karena memiliki dua fungsi, yakni sebagai masjdi dan gereja, di museum ini bisa ditemukan dua simbol untuk umat kristiani dan muslim. Tak hanya itu, di setiap sudut bangunan dapat dijumpai berbagai benda yang memiliki legenda tersendiri. Seperti sebuah benda yang bisa membuat peruntungan bagi siapa mencobanya. Apabila seseorang mampu memasukkan ibu jari dan memutarnya 360 derajat sesuai arah jarum jam, maka dia bisa mendapatkan apa yang diinginkannnya.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini