Sukses

Ekosistem Dunia Terancam Berubah

Liputan6.com, New York: Kilimanjaro, gunung tertinggi di Benua Afrika, yang terletak di perbatasan Kenya dan Tanzania dikenal dengan puncaknya yang tertutup salju. Namun, kini salju yang menutupi puncak setinggi 5.894 meter dari permukaan laut itu sudah meleleh. Tak kurang dari 82 persen salju yang menutupi puncak seluas 8,6 kilometer persegi itu menghilang.

Kondisi serupa menimpa wilayah Kutub Utara. Kawasan yang ditutupi es abadi itu perlahan mulai meleleh sebanyak 1,3 persen setiap dekade selama 40 tahun terakhir. Dan pada tahun 2100, diperkirakan es di salah satu medan magnet bumi itu hilang selamanya [baca: Kutub Utara Terancam Tenggelam].

Melelehnya salju di Kilimanjaro dan gletser di Kutub Utara antara lain diakibatkan oleh ulah manusia yang menggunakan teknologi tidak ramah lingkungan yang merusak lapisan ozon. Bila lapisan es di sejumlah penjuru dunia mencair, tentu akan berakibat fatal. Dasar laut akan bertambah tinggi sehingga membahayakan manusia yang berdiam di pesisir pantai dan pulau-pulau kecil.(ANS)

    Artikel Selanjutnya
    Di Tengah Perang, Yaman Hadapi Wabah Kolera Terburuk di Dunia
    Artikel Selanjutnya
    37 Orang Tewas Dalam Serangan Bom di Pakistan Jelang Lebaran