Sukses

Hidup Alami dan Ramah Lingkungan

Dalam 11 tahun terakhir, Michael Mobbs menjalani gaya hidup serba alami dan ramah lingkungan. Antara lain dengan memanfaatkan air hujan untuk berbagai keperluan, seperti minum, masak, dan mandi.

Liputan6.com, Sydney: Pemanasan global yang antara lain disebabkan oleh gas buang rumah kaca, saat ini telah menjadi salah satu ancaman terbesar bagi umat manusia. Masyarakat pun diminta untuk menjalani kehidupan yang ramah lingkungan. Antara lain dengan cara memanfaatkan sinar matahari sebagai energi listrik.

Michael Mobbs adalah salah satunya. Warga Australia ini telah menjalani gaya hidup serba alami dan ramah lingkungan selama 11 tahun terakhir. Mobbs menggunakan air hujan untuk berbagai keperluan, seperti minum, masak, dan mandi. Tidak hanya itu, sinar matahari pun juga ia manfaatkan sebagai penghasil energi listrik. Sedangkan air limbah rumah tangga setelah didaur ulang dimanfaatkan untuk menyiram toilet, mencuci, dan menyiram tanaman.

Ayah beranak dua ini telah membuktikan bahwa hidup ramah lingkungan sangat mudah. Hanya sedikit diperlukan perubahan infrastruktur rumah untuk menjalani gaya hidup semacam ini.

Gaya hidup Mobbs menjadi inspirasi sebagian warga Australia untuk menjalani kehidupan yang sama. Bahkan, sebuah stasiun televisi membuat acara reality show yang menampilkan dua keluarga yang bersaing menjalani gaya hidup lingkungan. Berbagai kewajiban harus dilalui peserta, seperti mengolah limbah rumah tangga hingga membatalkan pergi ke pesta. Sebab perjalanan dengan mobil mengeluarkan gas karbondioksida terlalu banyak.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.