Sukses

Jumat Agung Diperingati di Sejumlah Negara

Warga Pamplona, Spanyol, memperingati Jumat Agung dengan menggelar prosesi Las Cingo Lagas. Sementara di Yerusalem, penganut Kristiani memadati jalan-jalan untuk mengikuti prosesi napak tilas.

Liputan6.com, Pamplona: Umat Nasrani di sejumlah negara memperingati Jumat Agung, Jumat (6/4). Di Pamplona, Spanyol, digelar prosesi <i>Las Cinco Lagas</i> atau lima luka. Upacara ini merupakan bagian dari prosesi Jalan Salib yang dialami Yesus Kristus. Sementara di Kota Merida, prosesi yang sama digelar di arena Teater Romawi.

Di Yerusalem, penganut Kristiani dari sejumlah negara memadati jalan-jalan sempit di kota tua ini untuk mengikuti prosesi napak tilas. Mereka mengikuti perjalanan Yesus hingga meninggal di kayu salib melalui 14 titik yang diyakini benar-benar dilalui Yesus dua abad silam.

Sedangkan di Tepi Barat, Palestina, momen Jumat Agung dimanfaatkan untuk memprotes pembangunan pagar pembatas Israel yang berada tidak jauh dari Bethlehem, kota kelahiran Yesus Kristus.
 
Muhammad Breijieh yang terikat pada kayu salib mengaku bersedia disalib demi perjuangan dan kecintaannya kepada tanah Palestina. Sama seperti saat Yesus disalib yang berkorban demi cintanya kepada umat. Aksi Breijieh dan kawan-kawan yang mencoba menghalangi proses pembangunan pagar pembatas menimbulkan reaksi keras tentara Israel yang berjaga.(ADO)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini