Sukses

Ribuan Pengacara Berdemonstrasi di Pakistan

Ribuan pengacara di Pakistan menggelar unjuk rasa di sejumlah kota. Mereka menentang pemecatan hakim agung Iftikhar Chaudhry oleh Presiden Pakistan Pervez Musharraf.

Liputan6.com, Quetta: Ribuan pengacara di Pakistan berunjuk rasa di sejumlah kota, belum lama berselang. Mereka menentang pemecatan hakim agung Iftikhar Chaudhry oleh Presiden Pakistan Pervez Musharraf. Dalam aksi ini, bentrokan antara polisi dengan pengunjuk rasa terjadi di Kota Quetta.

Puluhan aktivis dari partai oposisi ditangkap beberapa jam setelah bentrokan. Sementara aksi di Lahore dan Islamabad juga diwarnai penangkapan para aktivis yang menyerang stasiun televisi setempat.

Pemecatan hakim agung ini dilakukan 9 Maret silam. Musharraf beralasan Chaudhry menyalahgunakan kekuasaan. Sementara para praktisi hukum menganggap usaha pemerintah ini sebagai serangan pemerintah terhadap independensi badan peradilan.

Sekalipun pemerintah telah mengatakan pemecatan Chaudhry bukan langkah politis, namun pemecatan hakim tersebut mengakibatkan krisis politik di Pakistan. Kritik yang muncul di media massa serta aksi turun ke jalan merupakan tantangan politik terberat yang dihadapi Musharraf sejak menjadi presiden pada tahun 1999.(ZIZ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini