Sukses

Pahatan Es Nan Menyejukkan Mata

Puluhan pemahat dari berbagai negara memamerkan keahliannya dalam membentuk balok es menjadi sebuah karya seni. Pemahat asal Cina lebih suka memberikan sentuhan tradisional pada setiap detil pahatan.

Liputan6.com, Harbin: Sejumlah karya seni pahatan es berkelas dunia dipertontonkan dalam sebuah festival tahunan belum lama ini. Lebih dari 40 pemahat berkumpul di Taman Heiling Jiang, Kota Hablin, Harbin, Cina. Para pemahat dari 12 negara di antaranya Rusia, Kanada, Amerika Serikat, dan Korea Selatan ambil bagian dalam ajang yang telah memasuki tahun ke-23 ini.

Tema favorit yang diangkat para pemahat es ini umumnya berkisar pada tokoh-tokoh kartun atau animasi yang sedang digemari anak-anak. Padahal salah satu tujuan diadakannya festival ini untuk menggali serta melestarikan nilai dan tradisi budaya Cina. Karena itu pula pemahat asal Cina lebih suka memberikan sentuhan ukiran tradisional pada setiap detil pahatan. Tema mangkuk misalnya.

Keberagaman ide yang dituangkan dalam karya seni tersebut ternyata tidak mengurangi keceriaan festival tahun ini. Setelah melewati batas waktu pengerjaan selama tiga hari, karya-karya yang dihasilkan dipajang sedemikian rupa dengan tatanan cahaya yang membuat ribuan pengunjung terpukau akan keindahannya.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini