Sukses

Pipa Minyak di Lagos Meledak, 200 Tewas

Sedikitnya 200 orang tewas menyusul ledakan dari kebocoran pipa minyak di Kota Lagos, Nigeria. Warga Nigeria selama ini kerap mencuri minyak dengan jalan membocorkan pipa minyak.

Liputan6.com, Lagos: Sedikitnya 200 orang tewas menyusul ledakan dari kebocoran pipa minyak di Kota Lagos, Nigeria, Selasa (26/12). Jumlah korban tewas dipastikan akan terus bertambah diperkirakan hingga 500 orang. Pasalnya, petugas pemadam dan penyelamat terhambat untuk mematikan sumber api dan mengevakuasi korban mengingat masih tingginya suhu serta besarnya api yang diiringi kepulan asap hitam.

Menurut sejumlah saksi mata, insiden tersebut terjadi saat pipa minyak bocor beberapa saat setelah tengah malam. Melihat kebocoran ini, warga sekitar mencoba menampung minyak yang tumpah dengan menggunakan jeriken plastik selama beberapa jam. Tapi beberapa saat kemudian genangan minyak itu tersulut api dan meledak.

Belum diketahui secara pasti, penyebab kebocoran pipa itu serta sumber api yang kemudian menyulut ledakan. Yang pasti, warga sekitar selama ini memang kerap mencuri minyak dengan jalan membocorkan pipa minyak. Ironisnya tak jarang pula minyak yang bocor itu tersulut api dan meledak. Ini seperti yang terjadi Mei silam dan menewaskan 150 orang.(ORS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini