Sukses

Misa Menjelang Natal di Vatican

Paus Benediktus XVI menyampaikan pesan Natal di hadapan ribuan umat Kristiani yang memadati lapangan Saint Peter Vatican. Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan ucapan selamat Natal.

Liputan6.com, Vatican: Ribuan umat Kristiani memadati lapangan Saint Peter di Vatican, Ahad (24/12). Mereka datang untuk mendengarkan pesan-pesan Natal yang disampaikan langsung Sri Paus Benediktus XVI. Pesan-pesan tersebut tertuang dalam misa yang disebut Urbi et Orbi atau To The City To The World. Paus biasanya mengulas berbagai permasalahan yang tengah dihadapi dunia seperti kemiskinan dan konflik kekerasan.

Semarak Natal juga terasa di tempat kelahiran Yesus Kristus di Betlehem. Hiasan lampu warna-warni dan beragam pernak-pernik menyambut hari kelahiran Juru Selamat. Kota Betlehem semalam juga dikejutkan kehadiran Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang secara langsung menyampaikan ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani Palestina dan di seluruh dunia.

Kemeriahan menyambut Natal juga dirasakan warga Chongqing, Cina. Lebih dari 100 ribu orang menggelar perang palu mainan. Tradisi yang baru berusia tujuh tahun ini amat digemari remaja. Festival di kawasan pegunungan 1.500 kilometer sebelah barat Shanghai, Cina ini memiliki aturan yang cukup ketat. Pemerintah Cina mengharuskan festifal digelar di bawah pengawasan aparat.

Pesta ini menjadi kesempatan bersukaria penduduk Chongqing yang umumnya terdiri dari para pendatang dari berbagai kawasan Cina. Perang palu mainan ini mampu melepas ketegangan setelah sepanjang tahun ini diisi kesibukan. Festival ini juga mampu menyita perhatian wisatawan bahkan menyaingi semarak festival menyambut Natal di Hongkong hingga di Times Square New York, Amerika Serikat.(TOZ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini