Sukses

Sebagian Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci

Ratusan ribu anggota jemaah haji asal Indonesia sudah tiba di Tanah Suci. Sebagian jemaah terpaksa membekali diri dengan jaket karena suhu udara di Kota Mekah pada malam hari mencapai 20 derajat Celsius.

Liputan6.com, Mekah: Sekitar 180 ribu anggota jemaah haji asal Indonesia sudah tiba di Tanah Suci. Sesuai ketentuan Pemerintah Arab Saudi, jemaah masuk melalui Bandar Udara Madinah dan Jeddah untuk selanjutnya ke Mekah. Demikian disampaikan wartawan SCTV Djarot Suprayitno dan Insan Kamil di Mekah, Sabtu (16/12).

Sebelum menginjakkan kaki di Mekah, sebagian besar jemaah haji Indonesia sudah membekali diri dengan jaket dan masker. Selain khawatir tertular penyakit influenza yang dibawa jemaah yang baru tiba dari Kota Madinah, cuaca di kota itu juga kurang bersahabat. Pada malam hari suhu udara di Kota Mekah bisa mencapai 20 derajat Celsius. "Kesehatan para jemaah sangat menentukan kelancaran ibadah," kata Ustad Abdul Majid, salah seorang pembimbing haji [baca: Jemaah Haji Indonesia Mulai Terserang Penyakit].

Di Kota Madinah, jemaah sempat mengunjungi makam Rasulullah di Masjid Nabawi. Di masjid ini, mereka juga melaksanakan salat Arbain sebanyak 40 rakaat selama delapan hari berturut-turut.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.