Sukses

Paus Bertemu Pemimpin Kristen Ortodoks

Pemimpin Katolik Roma Paus Benediktus XVI bertemu pemimpin Kristen Ortodoks Bartholomew dalam lawatan empat hari di Turki. Paket mencurigakan ditemukan tidak jauh dari lokasi Paus tinggal.

Liputan6.com, Istanbul: Paus Benediktus XVI, Rabu (29/11), melanjutkan lawatan empat harinya di Turki. Untuk mengamankan kunjungan pemimpin Katolik Roma, Pemerintah Turki mengerahkan aparat keamanan dalam jumlah besar [baca: Paus Menyatakan Umat Islam-Kristen Perlu Saling Memahami].

Paus mengawali lawatan dengan bertemu pemimpin Kristen Ortodoks Bartholomew. Pertemuan mencerminkan keinginan Vatikan untuk mempererat hubungan dengan kelompok Ortodoks meski terdapat perbedaan pandangan di antara mereka.

Paus juga menyempatkan diri mengunjungi sejumlah tempat suci seperti reruntuhan rumah batu yang terletak di antara kota kuno Ephesus dan Selcuk. Kawasan ini disebut sebagai tempat hidup dan wafatnya Bunda Maria. Pemimpin asal Jerman ini sempat pula memimpin misa. Paus meminta umat Kristen mempererat hubungan. Dengan persatuan, umat Katolik Turki dapat mengatasi berbagai tantangan dan persoalan selaku kaum minoritas.

Penjagaan keamanan besar-besaran mengiringi lawatan Sri Paus. Seorang pria ditahan karena mengeluarkan hujatan di luar kawasan museum bersejarah Haghia Sophia yang rencananya akan dikunjungi Paus hari ini.

Kemarin, sebuah paket mencurigakan juga ditemukan tidak jauh dari lokasi Paus tinggal selama menggelar lawatan di Turki. Lawatan Sri Paus memicu kontroversi setelah pernyataannya beberapa bulan lalu yang menuai protes kaum muslim sedunia.(MAK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.