Sukses

Umat Hindu India Merayakan Hari Raya Diwali

Perayaan Diwali bagi umat Hindu India identik dengan saling tukar kartu ucapan dan penganan manisan. Warga Bhubaneswar bersama bintang-bintang Bollywood menggelar pesta kembang api.

Liputan6.com, New Delhi: Umat Hindu di India merayakan Hari Raya Diwali atau tahun baru berdasarkan kalender Hindu. Presiden India Abdul Kalam seperti biasa menerima ucapan selamat tahun baru dari sejumlah rakyatnya di Istana Kepresidenan di New Delhi, India, Sabtu (21/10).

Saling tukar kartu ucapan dan penganan manisan menjadi salah satu tradisi perayaan Diwali. Berdasarkan kepercayaan Hindu, Diwali berawal dari wujud sukur atas kembalinya Raja Rama yang berhasil mempersembahkan kemenangan untuk Kerajaan Ayodhya. Kemenangan ini sekaligus menjadi simbol tegaknya kemenangan di atas angkara.

Kemeriahan perayaan Diwali ini juga terjadi di daerah lain. Warga Kota Jaipur, misalnya menyemarakkan perayaan Diwali dengan festival lampu. Sementara di Bhubaneswar, warga bersama para bintang-bintang Bollywood menggelar pesta kembang api.(YAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini