Sukses

Pemerintahan Transisi Timor Segera Dibentuk

Jose Ramos Horta akan segera membentuk pemerintahan transisi Timor Leste yang didukung Partai Fretilin. Xanana Gusmao siap masuk penjara bila terbukti bertanggung jawab atas kerusuhan di Timor Leste.

Liputan6.com, Dili: Pemerintahan transisi Timor Leste akan segera dibentuk dalam waktu beberapa hari ini. Tugas utamanya, mempersiapkan pemilihan umum yang digelar tahun depan. Kepastian ini diungkapkan pejabat sementara Menteri Luar Negeri Jose Ramos Horta di Dili, Timor Leste, Jumat (30/6).

Pada kesempatan itu, Horta mengaku akan berupaya membangun dialog antara Presiden Timor Leste Xanana Gusmao dan Partai Fretilin. Situasi saat ini memungkinkan bagi Xanana untuk bertemu petinggi Partai Fretilin. "Kami akan memiliki pemerintahan baru yang didukung partai mayoritas, Partai Fretilin," imbuh Horta.

Sementara itu di waktu terpisah, Xanana dan mantan Perdana Menteri Mari Alkatiri muncul menemui para pendukung Partai Fretilin. Dalam orasinya, Xanana menekankan pentingnya keutuhan negara. Loyalitas warga harus ditujukan kepada negara bukan kepada pemimpin maupun perorangan.

Xanana juga siap masuk penjara bila hasil investigasi komisi internasional membuktikan dirinya bertanggung jawab atas rangkaian kerusuhan yang terjadi di Timor Leste. Penyelidikan itu sendiri akan dimulai pekan depan [baca: Xanana Mengajak Warganya Bersatu].

Masih di depan massa yang sama, Mari Alkatiri berbicara mengenai pentingnya Partai Fretilin untuk tetap memimpin bangsa Timor di masa mendatang. Para pendukung Fretilin harus bersatu agar dapat memenangkan Pemilu 2007 nanti.

Alkatiri seharusnya memenuhi panggilan pengadilan untuk menjelaskan tuduhan keterlibatannya dalam mempersenjatai pasukan milisi pada Jumat kemarin. Ia urung hadir dengan alasan masih menanti pengacaranya yang akan tiba dari luar negeri.(TOZ/Idr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini