Sukses

AS-Jepang Sukses Menguji Coba Rudal SM-3

Rudal SM-3 hasil kerja sama AS dan Jepang sukses diuji coba di Kepulauan Hawaii, AS. Alat perang yang dibuat Raytheon Co dan Mitsubishi Heavy Industries Ltd ini adalah rudal jenis interceptor atau pencegat.

Liputan6.com, Hawaii: Amerika Serikat dan Jepang menggelar uji coba peluncuran peluru kendali (rudal) jenis interceptor atau rudal anti-rudal Standard Missile-3 (SM-3). Uji coba perdana misil hasil rancangan kedua negara yang dilaksanakan di Pulau Kauai, Kepulauan Hawaii, AS, Kamis (9/3), itu berjalan tanpa gangguan.

Pihak Pentagon mengkonfirmasi rudal yang diluncurkan dari kapal Angkatan Laut AS itu adalah hasil inovasi di bidang sistem pertahanan. Setengah pembuatan SM-3 dikerjakan perusahaan AS yakni Raytheon Co. Sedangkan sisanya ditangani Mitsubishi Heavy Industries Ltd dari Jepang.

Jepang menjadi mitra AS di bidang pengembangan teknologi rudal balistik menyusul penembakan roket Korea Utara dekat wilayah perairan Jepang pada tahun 1998. Kerja sama kedua negara itu dikritik Cina karena dinilai dapat mengancam stabilitas keamanan di kawasan Asia Timur.(TOZ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini