Sukses

AS Didesak Menutup Penjara Guantanamo

Dunia internasional mendesak Amerika Serikat untuk menutup penjara Guantanamo. Tim investigasi PBB menyimpulkan ada tindak kekerasan, termasuk pembatasan hukum dan perlakuan tak adil dalam persidangan.

Liputan6.com, Swiss: Amerika Serikat didesak dunia internasional untuk menutup penjara Guantanamo yang terletak di Teluk Kuba. Di penjara ini AS masih menahan 490 orang yang diyakini terlibat jaringan kelompok Al-Qaidah. Tuntutan serupa juga disampaikan parlemen Uni Eropa, Kamis (16/2) di Swiss. Dalam resolusi yang mendapat dukungan suara penuh dari 80 anggota parlemen itu, AS juga diminta mengentaskan persidangan yang adil bagi semua narapidana [baca: Diduga Tahanan di Guantanamo Disiksa].

Desakan yang tertuang dalam laporan tim investigasi Perserikatan Bangsa-Bangsa setebal 54 halaman itu menyimpulkan ada tindak kekerasan, termasuk pembatasan hukum dan perlakuan yang tidak adil dalam persidangan. Kesimpulan itu sekaligus melengkapi laporan yang pertama kali dikeluarkan Komisi Kemanusiaan PBB (UNHCR).(IAN/Wir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini